Berita

Mayjen (Purn) TNI Sumiharjo Pakpahan Impikan Siantar Kota Batik

SIANTAR, FaseBerita.ID – Mayjen (Purn) TNI Sumiharjo Pakpahan, salah satu putra terbaik dari Kota Pematangsiantar memimpikan kota kelahirannya ini terus berkembang menjadi kota kerakyatan.

Salah satu upaya mewujudkan rencana itu dengan mengembangkan minat dan kemampuan warga Siantar sebagai pembantik handal. Niat ini beranjak dari pengalaman hidupnya dan orangtua di masa lalu yang cukup susah.

Sumiharjo Pakpahan sendiri tak ingin mimpi ini hanya sebatas wacana, ia pun mendatangkan langsung pelatih di bidang batik sekaligus handal dalam pemasaran asal Pekalongan, Jawa Tengah. Sebagai ketua tim adalah Ketua tim, Ahmad Salahuddin, stafnya Novianto, H Untung Suhudi seorang pelukis juga pemotif sekaligus soerang pembatik serta pengusaha batik nasional dan luar negeri, yang telah ahli memasarkan.

Kemudian, Hasan Bisri seorang pemotif sekaligus pengusaha dan pembantik, dan Taufik alias Canting seorang dosen membantik, pelukis dan sutradara.Tim ini telah memulai tugas mereka melatih ratusan warga, baik pria dan wanita  di Jalan Bah Binonom, Kelurahan Sigulang-gulang, Kecamatan Siantar Utara dan pada hari dan tempat yang berbeda kegiatan yang sama juga dilakukan di Tanah Jawa.

Sumiharjo mengatakan, kepada ratusan peserta yang hadir bahwa pelatihan ini untuk meningkatkan kretifitas SDM yang ada di Pematangsiantar. Latihan ini terus dikembangkan secara berkesinambungan menyisir beberapa lokasi di Siantar. Harapannya juga kemampuan peserta yang telah dilatih dapat menularkannya kepada warga lainnya.



Pascasarjana

Unefa
1 2Laman berikutnya
Back to top button