Berita

Masya Allah! Ada Telur di Dalam Telur!

FaseBerita.ID – Seorang ibu rumah tangga yang juga pengusaha pembuat kue di Labuhanbatu Utara (Labura) kaget ketika menemukan telur berada di dalam cangkang telur.

Adalah, Neni Irawati (35) yang menemukan telur di dalam telur tersebut. Temuannya itu kemudian ia bagikan ke akun media sosial miliknya.

“Keajaiban di pagi ini. Masya Allah, sungguh kuasa-Mu di luar batas kami makhluk yang lemah. Dapur produksi rolling cake Fazana di dalam telur ada telur. Ketemu kuning telur 2 biji di dalamnya da biasa. Ini 2 biji di dalamnya tapi yang satu lengkap dengan cangkangnya,” tulis Neni di akun media sosial Facebooknya, Minggu (1/11).

Pengusaha kue asal Aekkanopan tersebut itu mengaku awalnya ia memecahkan telur untuk membuat roti.
“Baru kali ini melihat seperti itu. Kalau kuning telur ganda, saya pernah tahu,” katanya.

Dikatakannya, di dalam telur tersebut terdapat bagian cairan telur. Di lapisan berikutnya terdapat cangkang telur.

“Saya tidak beranggapan ada hal-hal tertentu dengan adanya fenomena ini. Semuanya kuasa Allah,” kata Neni.

Dikutip dari berbagai sumber, fenomena yang jarang muncul ini dikenal dengan istilah counter-peristalsis contraction. Biasanya terjadi ketika telur kedua mulai terbentuk sebelum telur pertama keluar dari sistem reproduksi ayam betina. Namun, sangat jarang sekali ada telur dalam telur yang bentuknya sempurna. Terlebih lagi ukurannya bisa berbeda dalam satu inkubasi dan ayam mengeraminya secara bersama-sama.

Dalam kasus tersebut, dijelaskan biasanya ayam betina melepaskan oosit (sel telur yang menjadi kuning telur) dari ovarium kirinya ke dalam saluran telur setiap 18-26 jam. Oosit bergerak melalui saluran oviduk telur ayam, lalu mengumpulkan kulit yang tipis dan bagian putih telur.

Jika telur yang sepenuhnya terbentuk kembali ke dalam saluran telur dari rahim ayam, bagian putih telur yang masih terbentuk itu akan berkumpul di sekitarnya. Jarang sekali terjadi ovulasi susulan sebelum telur terbentuk sepenuhnya. Sangat jarang jika ada telur yang tersedot kembali ke sistem reproduksi ayam. Proses terbentuknya telur lain terjadi di dalam dan membungkus telur yang tidak jadi keluar tadi. (per)

iklan usi



Back to top button