Berita

Masjid Attaqorrub Sialagundi Butuh Bantuan

TAPSEL, FaseBerita.ID – Masjid Attaqoorub, Desa Sialagundi, Kecamatan Sipirok, butuh bantuan dana untuk mengatasi kerusakan akibat termakan usia.
Kepala Desa Sialagundi Irwan Harahap menjelaskan, masjid yang dibangun sekitar 60 tahun lalu itu, memiliki peranan penting dalam membentuk karakter umat peningkatan amal ibadahnya.

Kondisi masjid dengan ukuran sekitar 12 x 16 meter persegi itu, telah mengalami kerusakan, terutama di bagian atap dan menara, sehingga saat ini sering bocor pada musim hujan.

Atas dasar itu, melalui musyawarah, telah dibentuk panitia rehab tempat ibadah sekitar 150 KK warga desa, untuk menciptakan tempat ibadah yang lebih nyaman ke depan.

“Panitia telah dibentuk berdasarkan hasil musyawarah, namun masih terkendala pada biaya,” ujarnya.

Sementara itu Ketua pelaksana rehab mesjid Rosihun Batubara menyebut, masyarakat yang merupakan jamaah Masjid Attaqoorub, telah berupaya mengumpulkan biaya rehab masjid tersebut. Namun, masih belum mencukupi sesuai rencana anggaran yang dibuat.

“Kita membutuhkan sekitar 50 juta rupiah khusus untuk memperbaiki bagian atap dan menara, karena kondisinya sudah banyak yang bocor,” ungkapnya.

Namun sambungnya hingga saat ini, dana yang terkumpul baru sekitar Rp30 juta. Sehingga, masih membutuhkan bantuan dari kaum kerabat atau mitra yang ada selama ini. Terlebih infaq dari umat Islam dimanapun berapa.

“Pelaksanaan rehab bagian atap sudah dimulai, sekalipun tarksiran biaya yang dibutuhkan untuk itu masih belum terpenuhi,” sebutnya.

Hal senada juga diungkapkan Hamdani Batubara yang merupakan sekretaris rehab masjid tersebut. Menurutnya, beberapa permohonan bantuan telah dilayangkan kebeberapa instansi, perusahaan dan perserorangan untuk dapat membantu. Namun, hingga saat ini panitia masih kekurangan biaya untuk menutupi rehablitasi bagian atap dan menara masjid itu.

“Pelaksanaan rehab atap masjid kami dukung juga dengan bergotong royong membenahi taman dan ruangan masjid,” pungkasnya.

Menurutnya, demi tersedianya rumah ibadah yang lebih nyaman dan repsentatif, khususnya di tengah kehidupan masyarakat desa merupakan salah satu tujuan dari rehablitasi masjid yang dilakukan. (ran)



Pascasarjana

Unefa
Back to top button