Berita

Martin Ingatkan Pemimpin Negara Harus Jadi Pelopor New Normal

SUMUT, FaseBerita.ID– Situasi sulit akibat pandemi Covid-19 diperkirakan akan terjadi hingga tahun depan. Selama menghadapi musibah ini, Anggota DPR RI, Martin Manurung mengingatkan setiap pemimpin di negari ini harus jadi pelopor kenormalan baru atau new normal.

Wakil Ketua Komisi VI DPR RI ini juga mengatakan bahwa para pemimpin dari tingkat tertinggi hingga terendah, harus memberikan contoh bagi masyarakat. Menurutnya, masyarakat membutuhkan keteladanan dan cenderung akan meniru para pemimpin.

“Para pemimpin harus memberikan kepeloporan dan keteladanan dalam menghadapi situasi sulit saat ini,” ujar Ketua DPP Partai NasDem tersebut.

Keteladanan Pemimpin, lanjut Martin, dapat ditunjukkan dengan kedisiplinan mereka dalam melaksanakan pola hidup sehat yang harus dijalani, sesuai protokol kesehatan saat ini. Seperti menggunakan masker dan menghindari pertemuan atau pengumpulan banyak orang.

“Budaya masyarakat kita yang kental dengan patron-client membutuhkan keteladanan itu, karena masyarakat cenderung akan meniru apa yang dilakukan oleh para pemimpinnya. Termasuk soal tata perilaku baru (new normal). Harus dimulai dari para pemimpin,” pungkas Martin.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) memprediksi situasi sulit akan terjadi hingga tahun depan dan meminta masyarakat terus optimis. Situasi sulit disebut bisa lebih panjang bila vaksin Covid-19 belum ditemukan.(rel/fi)



Pascasarjana

Unefa
Back to top button