Berita

Mantan Guru RHS di SMTP Raya, Yakin RHS Mampu Benahi Simalungun

SIMALUNGUN, FaseBerita.ID-Sudarmo, Mantan guru Radiapoh Hasiholan Sinaga (RHS) di Sekolah Menengah Teknologi Pertanian (SMTP) Pematang Raya, Kabupaten Simalungun itu, yakin lulusan SMTP Raya itu mampu membenahi Simalungun.

Di SMPT Raya, yang merupkakan sekolah pavorit di zamannya, RHS menyelesaikan pendidikan pada jurusan Mekanisasi Pertanian.

Helman Sudarno (61) yang saat ini sudah menetap di Kabupaten Serdangbedagai, adalah guru mata pelajaran praktik, dan sejak kelas 1 hingga kelas 3, tetap bertemu dengan Radiapoh.

“Karena ketemu sejak kelas 1 hingga kelas 3, saya kenal baik dengan dia,” katanya.

Semasa duduk di bangku sekolah lanjutan tingkat atas itu, Radiapoh dikenal cukup rajin terutama saat praktik.

“Kebetulan saya mengajar di jurusan mekanisasi. Saya termaksuk guru Radiapoh sejak kelas 1 sampai tamat sekolah. Kalau bercerita tentang sosoknya, ingatan saya pertama sekali, Radiapoh orang yang penurut,” ujar Helman saat dihubungi, Kamis (10/09/2020).

Setiap pelajaran praktik, Radiapoh menjadi murid yang paling bersemangat. Selain itu, sifatnya yang mudah diajak bekerjasama itu menjadi nilai plus bagi Helman.

Semasa duduk di bangku sekolah, Radiapoh juga dikenal orang yang suka bergaul. Postur tubuhnya biasa saja namun sosok yang humoris.

“Kalau ditanya sama teman seangkatan atau di bawah dia, pasti ingatlah mereka,” kata Helman mengabdi di SMPT Raya sejak tahun 1985 hingga 2020.

Helman mengaku bangga jika salah satu siswanya ingin menjadi Bupati Simalungun.

Meskipun kini tinggal di Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai), Helman yakin jika Radiapoh itu mampu membenahi Kabupaten Simalungun.

“Bangga kalilah saya. Sebagai bekas murid saya, Radiapoh bisa membangun Simalungun. Tambah majulah Simalungun,” tuturnya.

Kabupaten Simalungun sudah dianggap Helman sebagai kampung halamannya. Namun dikarenakan usia yang sudah lanjut, ia lebih memilih menghabiskan masa pensiunnya di Kabupaten Sergai itu.

“Simalungun itu sudah seperti kampung saya sendiri. Dari tahun 85 sampai terakhir ini. Pesan saya, maju terus. Itu aja. Semoga bisa menjadi bupati yang baik dan jujur,” harapnya.

Helman pun nyampaikan pesan, “Saya juga berharap jika Radiapoh terpilih nanti, sektor pertanian Kabupaten Simalungun akan lebih maju. Apalagi diikutsertakannya teman-teman satu sekolahnya yang berhasil di bidang pertanian.”(rel/fi)



Pascasarjana

Unefa
Back to top button