Berita

Maling Sarang Walet Gagal Panen Dikepung Pemilik dan Warga

FaseBerita.ID – Dua pria, masing-masing berinisial PHAH (49) dan RRSS, warga Dusun III, Jampalan Bidang, Desa Mela II, Kecamatan Tapian Nauli, Tapanuli Tengah, diamankan polisi. Keduanya tertangkap basah saat memanen sarang burung walet milik Erik Parulian di Kecamatan Kolang, Tapteng, Senin (19/7) sore.

Gerak-gerik kedua pria yang ingin memanen sarang burung walet milik Eric Prulian awalnya diketahui lewat kamera pengintai CCTV yang berada di gedung sarang burung walet milik Eric sekira pukul 03.00 WIB.

Eric yang memantau langsung CCTV yang terkoneksi dengan ponsel miliknya kaget dan curiga melihat adanya aktifitas yang mencurigakan dari dalam gedung sarang burung walet. Seperti diketahui, gedung sarang burung wallet berlantai tiga itu dilengkapi kamera CCTV di tiap-tiap lantainya.

Merasa ada yang tidak beres, Eric kemudian menemui rekannya bernama Pharman Sihombing dan Khairul Anwar di Aido Sibolga. Setelah menceritakan apa yang dilihatnya, Eric mengajak dua warga itu menuju gedung sarang burung walet miliknya yang berada di Kecamatan Kolang.

Setibanya di lokasi, Eric bersama rekannya melihat dinding bangunan sudah dirusak. Kecurigaan pun semakin kuat akan adanya tamu tidak diundang yang masuk ke gedung sarang burung wallet itu.

Selanjutnya Eric bersama dua rekannya berupaya melakukan pembuktian. Mereka kemudian melihat gerakan mencurigakan dari dalam gedung. Terlebih saat rekan Eric menyenter ke arah gelap. Tiba-tiba, ada seseorang yang tidak dikenal melompat sembari berlari. Mereka juga mendengar ada langkah kaki di dalam gedung.

Tak mau kecolongan, Eric dan rekannya berlari menuju tembok gedung yang sebelulmnya sudah dirusak kedua pelaku. Tidak berapa lama kemudian, Eric dan rekanya berhasil menangkap basah kedua pria pencuri sarang buruk walet miliknya. Bahkan saat dipergoki, keduanya juga membawa sarang burung walet yang diambil dari dalam gedung.

Tak mau main hakim sendiri, Eric dan rekannya langsung menghubungi personel Polsek Kolang. Setelah petugas datang, kedua tersangka langsung diamankan.

Kapolres Tapteng AKBP Nicolas Dedy Arifianto melalui Paur Subbag Humas Ipda JS Sinurat yang dikonfirmasi Senin sore, membenarkan kejadian tersebut. “Tim personel Polsek Kolang sudah mengamankan kedua pelaku bersama barang bukti 700 gram sarang burung walet dan dua batang bambu dengan panjang 3 meter. Total kerugian diperkirakan Rp7 jutan” ujarnya.

Lanjutnya, dalam kasus ini pihaknya masih melakukan penyelidikan lebih lanjut, khususnya terhadap kedua tersangka. “Guna mempertanggung jawabkan perbuatannya, kedua pelaku pencuri sarang burung walet milik Eric sudah digiring dan diamankan ke Mapolsek Kolang,” jelasnya dalam pesan singkat. (tam)



Pascasarjana

Unefa
Back to top button