Berita

Maling Pajak Horas Diciduk: 5 Kali Beraksi, Terlibat Kasus Pencurian hingga Curanmor

FaseBerita.ID – Pelaku pencuri tas di Pajak Horas Siantar, akhirnya diamankan oleh Tim Jatanras Polres Pematangsiantar, Sabtu (7/03), sekitar pukul 16.30 Wib. Atas kejadian itu korban alami Kerugian sebesar Rp12 juta.

Setelah diamankan Polisi, pelaku diketahui bernama Irul Simangunsong (27) warga Jalan Sisingamangaraja Lorong 7 Kelurahan Suka Dame Kecamatan Siantar Utara.

Polisi meringkus pelaku atas laporan korban bernama Diana Simanjuntak (50), Warga Jalan Mojopahit Kelurahan Melayu Kecamatan Siantar Barat beberapa waktu lalu.

Dimana tempatnya pada 31 Desember 2019 lalu Pelaku (Irul Simangunsong, red), mencuri tas milik korban (Diana Simanjuntak-red). Tepatnya di Gedung III lantai dua Pajak Horas Kota Pematang Siantar yang merupakan tempat korban berjualan kain.

Saat diwawancarai wartawan, Sabtu (07/03) malam, Diana Simanjuntak bercerita kejadia itu tepatnya sekitar 3 bulan lalu. Dimana pada saat itu sekitar pukul 16.30 Wib, pelaku menegor korban dengan berkata ” Buk..buk itu yang mau beli di depan,” ujar korban menirukan suara pelaku.

Tidak merasa curiga sedikitpun pun Diana langsung melayani pelanggannya. Namun kesempatan itu digunakan pelaku untuk mengambil tas sandang milik korban yang diletakkan di atas meja dengan berisi uang tunai sebesar Rp12 juta.

“Aku layani pembeli pada saat itu, setelah itu saya balik kemeja saya namun tas nya sudah tak ada ditempat” Ujar Buk Diana.

Terekam CCTV

Melihat peristiwa itu, Diana langsung mengecek CCTV yang terpasang didalam toko kain miliknya. Setelah dicek korban terlihat korban mengambil tas miliknya. Didalam rekaman CCTV itu jelas-jelas wajah pelaku terpampang.

“Itu lagi gondok nya aku bang, setelah melihat CCTV, nampaknya pelaku santai kali mengambil tas miliknya saya. Tampaknya bukan seperti pencuri, jadi pedagang lainnya pun tidak merasa curiga,” ujar Diana dengan nada kesal.

Merasa tidak terima atas kejadian itu, korban  langsung mendatangi Ruang SPKT Polres Pematang Siantar untuk membuat laporan resmi. Setelah beberapa lama dilakukan penyelidikan oleh Tim Jatanras Polres Pematang Siantar Akhirnya pelaku diamankan pada Sabtu (7/3) sore.

Sudah Lima Kali Beraksi

Terpisah pelaku (Irul Simangunsong-red) saat diwawancarai wartawan tepatnya di ruang Jatanras A Reskrim Polres Pematang Siantar  mengakui atas perbuatannya itu.

“Ia benar bang, aku sendiri yang mengambil tas nya itu. Jumlah uang nya Rp12 juta,” jelas Abas dengan nada pelan.

“Uangnya sudah aku pakai bang semuanya. Untuk bayar utang dan main judi, lebihnya saya beli sepasang baju dan celana jeans. Sedangkan tas korban kubuang di daerah Parluasan,” bebernya.

Saat ditanyai wartawan apakah sebelumnya ia pernah bereaksi, Irul Simangunsong sebut, sudah lumayan sering.

“Sudah lumayan sering lah bang, sekitar 5 kali. Baru ini ketahuan,” ujarnya.

Untuk mempertanggung jawabkan perbuatannya, Abas Simangunsong mendekan di sel tahanan Polisi.

Kabag Humas Polres Pematang Siantar Iptu Rusdi Ahya membenarkan adanya penangkapan itu. (Mag-03)

Asner Idul Fitri

Pasca Sarjana USI

Mahasiswa Unefa

Tags
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker
Close