Berita

Mahendra Siregar, dari Dubes ke Wamenlu

FaseBerita.ID – Presiden Joko Widodo menunjuk Duta Besar Indonesia untuk Amerika Serikat Mahendra Siregar sebagai Wakil Menteri Luar Negeri (Wamenlu). Hal itu diungkapkan Jokowi saat mengumumkan 12 nama wakil menteri di Istana Merdeka, Jakarta, Jumat (25/10/2019).

“Pak Mahendra Siregar sebagai Wamenlu,” kata Jokowi.

Mahendra yang semula duduk lesehan di anak tangga istana lalu berdiri saat namanya diperkenalkan. Jokowi mengaku memilih Mahendra karena percaya sosoknya bisa membantu Menlu Retno Marsudi, khususnya terkait diplomasi ekonomi dan perdagangan.

“Tadi pagi saya sampaikan tugas khusus diplomasi ekonomi, terutama yang berkaitan dengan perjanjian perdagangan dan investasi,” kata Jokowi.

“Terutama dengan Uni Eropa,” tuturnya.

Mahendra Siregar lahir di Jakarta, 17 Oktober 1962. Sebelumnya, dia menjabat sebagai Duta Besar Republik Indonesia untuk Amerika Serikat. Peran sebagai diplomat, yaitu menjadi Dubes RI untuk AS, baru saja dipegangnya sejak 2018.

Namun, dia juga memiliki keahlian dalam bidang perekonomian. Mahendra merupakan lulusan S1 Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia. Kemudian melanjutkan pendidikan S2 di Magister Ekonomi di Universitas Monash, Australia. Baca juga: Jadi Wamenlu, Mahendra Siregar Diberi Waktu oleh Jokowi 1 Tahun Mahendra mengawali karier sebagai karyawan di Departemen Luar Negeri pada 1986 dan kemudian dipercaya sebagai Asisten Khusus di Kementerian Koordinator Perekonomian pada 2001.

Kemudian, Mahendra pernah dua kali menjadi wakil menteri di era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Ia pernah menjabat sebagai Wakil Menteri Perdagangan pada 2009-2011, kemudian Wakil Menteri Keuangan pada 2011-2013. Mahendra juga pernah menjadi Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal pada 2013-2014.

Selain di pemerintah, Mahendra pernah menjabat posisi penting yaitu menjadi CEO Indonesia Eximbank pada 2009. Ia pernah menjadi Komisaris PT Aneka Tambang Tbk pada 2008-2009, Presiden Komisaris PT Rajawali Nusantara Indonesia pada 2012, Komisaris PT AKR Corporindo Tbk, dan beberapa perusahaan lain. (kdc/int)

Unefa

Pascasarjana


Tags
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker