Berita

Mahasiswa STAI Bahriyatul Ulum Pandan Wisata Religi ke Makam Bersejarah di Barus

TAPTENG, FaseBerita.ID – Puluhan mahasiswa Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Bahriyatul Ulum Pandan berkunjung ke makam bersejarah yang ada di daerah Barus, Kabupaten Tapanuli Tengah, Minggu (20/10/2019).

Dosen Pembimbing Mata Kuliah Sejarah Peradaban Islam STAI Bahriyatul Ulum Pandan Sufriansyah Pasaribu SPdI MPd mengatakan, kunjungan mahasiswa semeseter III jurusan Perbankan Syari’ah  itu sekaligus melakukan observasi lapangan yang berkaitan dengan mata kuliah yang sedang mereka pelajari tentang awal masuknya agama Islam ke Nusantara.

“Perjalanan dimulai dari kampus dengan memakan waktu sekitar dua jam perjalanan dan sesampainya di sana mahasiswa langsung mengunjungi sejumlah makam diantaranya, makam Tuan Maghdum, makam Tuan Ibrahim Syah, makam Tuan Ambar, makam Papan Tinggi dan makam Mahligai,” jelas Sufriansyah.

Dia mengatakan, ke depan kegiatan ini akan menjadi agenda tahunan bagi para mahasiswa, agar mereka lebih mengenal lebih dekat dan bisa melihat langsung bukti-bukti sejarah peninggalan peradaban Islam yang berada di Kabupaten Tapanuli Tengah. “Khususnya peninggalan sejarah di Kota Barus yang dikenal sebagai pintu masuknya agama Islam ke Nusantara,” pungkasnya.

Ketua STAI Bahriyatul Ulum Pandan H Ismail SAg MMPd sangat mengapresiasi kegiatan yang diadakan oleh mahasiswa PBS semester tiga kali ini,.

“Harapan saya, mereka bisa atau mampu lebih mengembangkan wawasan dan bukan hanya membaca di buku, tapi melihat langsung situs-situs berjarah yang menjadi bukti bahwa Barus memang betul pintu masuknya Islam ke Nusantara,” tandasnya.

Pada kesempatan itu, para mahasiswa pun memanfaatkan waktu mengabadikan kunjungan itu dengan berfoto bersama di tugu titik nol masuknya Islam ke Nusantara yang beberapa waktu lalu diresmikan Presiden Republik Indonesia Ir Joko Widodo (Jokowi). Para mahasiswa juga merasa sangat senang karena bisa melihat langsung bukti-bukti peninggalan sejarah yang ada di Barus Kota Bertuah. (rel/rb)

Tags

Berita lainnya

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker
Close