Berita

Mahasiswa Geruduk Polda Sumut Tangkap 3 Tersangka DBH PBB Labura

MEDAN, FaseBerita.ID – Puluhan orang yang tergabung dalam Aliansi Mahasiswa dan Masyarakat Labuhanbatu Utara kembali melakukan aksi unjuk rasa di depan Mapolda Sumut, Jalan Sisingamangaraja Kilometer 10,5 Medan.

Dalam tuntutannya, massa meminta agar pihak kepolisian segera melakukan penangkapan terhadap tiga orang yang sudah ditetapkan tersangka dalam kasus Dana Bagi Hasil (DBH) Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) Labura Tahun 2013-2015.

Koordinator Aksi, Henri Sitorus, menyampaikan apresiasinya kepada Kapolda Sumatera Utara yang sudah berhasil menetapkan tiga orang sebagai tersangka kasus korupsi DBH, PBB Labura.

Tidak hanya itu, massa juga mendesak Polda Sumut untuk segera melakukan pemanggilan paksa dan penangkapan terhadap tiga orang yang sudah ditetapkan sebagai tersangka tersebut.

“Kami ucapkan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada Kapolda Sumatera Utara yang sudah berhasil menetapkan 3 orang sebagai tersangka kasus korupsi DBH, PBB Labura. Untuk itu kami meminta Polda Sumut segera melakukan pemanggilan paksa dan segera melakukan penangkapan terhadap tiga orang yang sudah ditetapkan sebagai tersangka,” ucap Henri, Jumat (31/1/2020).

Lebih lanjut dijelaskan Henri, dua dari tiga yang kini berstatus tersangka diduga masih mempunyai jabatan struktural di lingkungan pemerintahan.

“Kami khawatir apabila Kapolda Sumatera Utara tidak segera melakukan penangkapan maka tersangka tersebut akan kembali melakukan perbuatannya. Demi tercapainya hukum yang yang berkeadilan agar tidak terkesan bagi masyarakat Labura adanya pembiaran dalam kasus ini,” kata Henri.

Massa meminta Kapolda Sumut jangan tebang pilih dalam menetapkan tersangka kasus korupsi DBH PBB Labura.

”Karena sesuai dengan slogan Bapak Kapolda Sumatera Utara Irjen Martuani Sormin, “Tidak Ada Tempat Bagi Penjahat di Sumut”,” imbuhnya.

Kurang lebih 60 menit melakukan orasi, perwakilan Humas Polda Sumut, Sari Khairani melakukan mediasi dengan massa aksi dan membawa perwakilan massa langsung menuju Kantor Ditreskrimsus Polda Sumut.
Perwakilan massa langsung disambut oleh Kanit I H Sihombing dan Penyidik Tipikor M Sitepu.

“Terima kasih kepada adik-adik dari perwakilan massa aksi yang datang kemari dengan tetap mengawal kasus korupsi DBH PBB Labura. Dan mohon disampaikan kepada masyarakat Labura bahwa kami sangat serius dalam menangani kasus ini,” ujar H Sihombing.

“Dan aksi unjuk rasa yang adik-adik lakukan ini adalah merupakan dukungan serta mengawal kasus ini sampai selesai. Dimana kami masih berupaya melakukan penyelidikan untuk menetapkan Bupati Labura sebagai tersangka, walaupun Bupati Labura yang katanya sudah mengembalikan uang dugaan korupsi tersebut bukan berarti menghilangkan tindak pidana yang terjadi,” katanya. (int)



Unefa

Pascasarjana
Tags

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker
Close