Berita

Mahasiswa Demo Proyek Irigasi Sabahotang Kejari Didesak Usut Tuntas

FaseBerita.ID – Mahasiswa Peduli Padang Lawas unjuk rasa damai ke Kantor Kejaksaan Negeri Sibuhuan, Kamis (18/11). Mereka menuntut agar kejaksaan mengusut tuntas proyek irigasi di Desa Sabahotang tahun angggaran 2019 yang kini rusak.

Mahasiswa menilai rusaknya kontruksi irigasi yang menelan biaya berkisar Rp1,5 miliar itu ada unsur kesengajaan. Dan lemahnya pengawasan.

Dari hal itu, mahasiswa yang dikoordinatori Ezi Hasibuan ini mengindikasikan adanya dugaan korupsi pada proyek pengairan Dinas Pekerjaan Umum itu.

“Kami meminta kejari padang lawas agar memeriksa CV Sultan Jaya Mulia selaku kontraktor pelaksana atas dugaan tindak pidana korupsi kegiatan rehabilitasi kontruksi pembangunan DI Sabahotang, dan melakukan proses penyelidikan dan penyidikan. Kami juga meminta Bupati agar tegas menindak pengawas proyek tersebut,” seru Ezi Hasibuan dalam tuntutannya.

Sementara Erwin, selaku perwakilan Kejari Padang Lawas yang menerima demo tersebut menyebutkan akan mempelajari persoalan yang disampaikan mahasiswa. Untuk tindak lanjutnya, pihaknya juga akan berkoordinasi dengan mahasiswa.

“Dan ini juga sudah pernah dilaporkan adik-adik mahasiswa. Kita akan pelajari dulu, bagaimana tindak lanjutnya, nanti adik-adik bisa mempertanyakannya melalui surat resmi,” kata Erwin.

Diketahui, proyek rusak ini sebelumnya sudah dilaporkan mahasiswa pada 1 Oktober 2020 lalu. Berdasarkan laporan itu, proyek tersebut juga sudah diperbaiki kontraktor berinisial HH.

Sayang, belum ada tanggapan dari Bidang Pengairan Dinas Pekerjaan Umum. Kabid Pengairan Amirhan Hasibuan tidak merespon saat dihubungi. (tan/fi)

iklan usi



Back to top button