Berita

Mahasiswa Baru UGNP Dibekali Wawasan Bela Negara

SIDIMPUAN, FaseBerita.ID – Sebanyak 590 orang mahasiswa baru Universitas Graha Nusantara (UGN) Padangsidimpuan yang sedang mengikuti Pengenalan Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Baru (PKKBMB) mendapat pembekalan Wawasan Kebangsaan Bela Negara, Selasa (8/10/2019).

Pembekalan itu langsung disampaikan oleh Wadir Binmas Poldasu AKBP Drs Parluatan Siregar.

“Bela negara itu tidak harus bertempur, tapi berbuat baik dan taat aturan termasuk bela negara,” ujar Parluatan.
Wadir Binmas Poldasu ini menyampaikan lemahnya pemahaman terhadap wawasan kebangsaan bela negara membuat orang termasuk kalangan generasi muda sebagai generasi penerus bangsa kurang beretika dalam menjalani kehidupan.

Wawasan kebangsaan yang dimiliki seseorang, katanya, Parluatan dapat dilihat dari perilaku dan tindakannya sehari hari karena wawasan kebangsaan dapat mempengaruhi pola hidup setiap orang sehingga tidak sedikit orang yang slah jalan dalam menjalani kehidupan berbangsa dan bernegara.

Menurutnya, saat ini masyarakat dihadapkan dengan ancaman baru yang lebih fatal seperti terorisme, narkoba, radikalisme, separatisme, pornograpi yang dapat menghancurkan tatanan kehidupan berbangsa dan bernegara.

“Kemudianin internet dan media sosial juga telah jadi ancaman jika tidak digunakan dengan baik,“ ujarnya.

Untuk itulah, lanjut Wadir Binmas Poldasu perlu diberikan pencerahan kepada generasi muda terutama mahasiswa sebagai kaum intelektual agar memahami betapa pentingnya akhlak dan moral serta taat aturan dalam meraih cita-cita dalam membangun Indonesia yang lebih maju sebagaimana diharapkan Presiden.

Plt Rektor UGNP Drs Mohd Arifin Lubis MPd mengatakan pembekalan mahasiswa tentang wawasan kebangsaan bela negara disampaikan Wadir Binmas Poldasu AKBP Drs Parluatan Siregar dan Kompol MA Aritonang tentang bahaya narkoba sangat penting bagi pembinaan karakter mahasiswa sebagai kaum intelektual.

Selain mendapat pencerahan dari Direktorat Binmas Poldasu, menurut Rektor, mahasiswa yang sedang mengikuti PKKMB dari tanggal 7 sampai 10 Oktober 2019 juga mendapat pencerahan dari Kasdim 0212 TS Mayor Inf Dedy Iskandar dan Kakan Kesbangpol Padangsidimpuan Alfian Pane. (bsl)



Pascasarjana

Unefa
Back to top button