Berita

Longsor Timpa Rumah di Sibolga: Suara Gemuruh Membangunkan Kami

SIBOLGA, FaseBerita.ID – Hujan deras yang mengguyur Kota Sibolga sejak Sabtu (12/10/2019) hingga Minggu (13/10/2019) pagi mengakibatkan sebuah rumah di Gang Bersama, Jalan DI Panjaitan atau Simpang Penjara Lama tertimpa longsor. Beruntung, tidak ada korban jiwa dalam insiden tersebut.

Menurut Budi, warga sekitar, longsor terjadi sekira pukul 03.00 WIB, saat semua warga sedang tertidur pulas. Saat itu katanya, tiba-tiba, terdengar seperti ada suara gemuruh dan benturan yang kuat. “Pas lagi tidur lah kami, kejadian longsor itu. Lalu suara gemuruh itu membangunkan kami,” kata Budi.

Dia juga menjelaskan, ada dua keluarga yang terkena longsor. Mereka merupakan pengontrak dua pintu rumah di Gang Bersama tersebut. “Dua rumah itu, satu penghuninya Nanang, satu lagi si Hafiz,” ungkapnya.

Dan dua rumah tangga tersebut, menurut Budi, berhasil selamat dari longsor. Meski pada saat kejadian, mereka berada dalam rumah. Hanya dapur rumah mereka yang hancur tertimpa tanah. Dimana, posisi rumah diketahui persis berada di kaki gunung. “Dapur rumahnya saja yang hancur. Kalau mereka gak apa-apa,” pungkasnya.

Mengingat belakangan hujan sering turun cukup deras, warga sekitar kaki gunung itu mengaku akan lebih waspada. Apalagi, kalau hujan turun pada malam hari hingga subuh. “Harus lebih waspadalah. Apalagi malam, saat enak-enaknya tidur,” tukasnya.

Terpisah, Faisal Lubis, Sekretaris SatPol PP dan Damkar Kota Sibolga yang dikonfirmasi di lokasi longsor membenarkan kejadian tersebut. Dan setelah mengetahui kejadian, pihaknyapun langsung turun ke lokasi untuk melakukan pembersihan. “Ini lagi kita bersihkan. Ada 1 rumah yang kena longsor,” kata Faisal.

Amatan, mobil pemadam kebakaran dan petugas masih terus bekerja melakukan pembersihan hingga pukul 09.00 WIB. Sementara, pemilik rumah, mengevakuasi barang-barang mereka dari dapur yang telah rusak ditimpa tanah.(ts)



Pascasarjana

Unefa
Back to top button