Berita

Longsor, Jalan Batu Lubang Dialihkan ke Jalan Rampa Poriaha

FaseBerita.ID – Jalan Nasional Sibolga-Tarutung, tepatnya di kilometer 8, Batu Lubang Desa Simaninggir, Kecamatan Sitahuis ditimpa longsor akibat hujan deras yang turun mulai malam hingga pagi.

Akibatnya, Jalan Batu Lobang yang biasa dilalui pengendara tujuan Sibolga maupun Tarutung, untuk sementara dialihkan ke Jalan Poriaha-Rampa guna menghindari kemacetan akibat timbunan longsor tersebut.

Informasi yang berhasil dihimpun, longsor tersebut diperkirakan terjadi sekira pukul 06.30 WIB, tepatnya timbunan longsor berada antara Batu Lobang pertama dari Sitahuis dengan Batu Lobang kedua, sehingga para pengendara yang akan ke Sibolga dan menuju Tarutung terhalang.

“Nggak bisa lewat, tepatnya antara batu lobang pertama dengan batu lobang kedua ditimbun tanah longsor,”jelas salah seorang warga Sitahuis, pengguna jalan tersebut.

Informasi yang diperoleh dari Komandan Pos Polisi (Danpos) Sitahuis Polres Tapanuli Tengah Bripka Rindu Hutabarat, menyampaikan bahwa longsor terjadi pada Selasa (3/11) sekira pukul 06.30 WIB. Menurut dia, hujan deras semalaman yang mengguyur daerah itu diperkirakan menjadi penyebab terjadinya longsor. Material longsoran berupa lumpur menimbun badan jalan, sehingga akses lalu lintas menjadi terputus.

“Telah terjadi longsor di Km 8 Jalan Sibolga-Tarutung tepat nya di Batu Lobang, Desa Simaninggir,” sebut Rindu Hutabarat.

Akibat kejadian itu, sempat mengakibatkan arus kendaraan menuju Sibolga menjadi macet total. Petugas segera mengalihkan arus lalu melewat Jalan Rampa Poriaha.

“Sempat terjadi macet untuk kendaraan yang menuju Sibolga, akan tetapi sudah berbalik arah dari jalan Rampa Poriaha. Kabarnya alat dari Dinas PU sudah meluncur untuk membersihkan material longsor,” ungkapnya. (mis)

iklan usi



Back to top button