Berita

Longsor di PT Hutama Karya; 1 Warga Tiga Dolok Meninggal

FaseBerita.ID – Longsor terjadi di lokasi PT Hutama Karya pada Sabtu (23/3) sekira pukul 11.30 WIB di Desa Manalu Dolok, Kecamatan Parmonangan,  Tapanuli Utara. Akibat kejadian, seorang karyawan meninggal dunia dan tiga lainnya mengalami luka-luka.

Korban meninggal adalah, Yapet Sinaga (25) karyawan perusahaan tersebut, warga Tiga Dolok, Kabupaten Simalungun. Sementara korban luka-luka adalah Bontor Manalu (25), warga Dusun Parratusan Desa Manalu Dolok dan Leonardo Marpaung (38) warga Medan.

Pada hari yang sama, berselang setengah jam kemudian, longsor susulan kembali terjadi dan mengakibatkan Eben Ezer Manalu (38) yang juga karyawan warga Dusun Lumban Tobing Desa Manalu Dolok, Kecamatan Parmonangan, mengalami luka di bagian kepala hingga turut dirawat.

Informasi dihimpun, saat itu para korban dan saksi sedang melakukan pekerjaan survei pembentukan kemiringan galian (cek ulang) pada proyek PT Hutama Karya. Tiba-tiba tanah atau lereng di lokasi tersebut bergerak dan terjadi longsor serta menimbun para korban.

Posisi para korban setelah tertimbun, Yapet Sinaga dalam posisi tertimbun seluruh badannya dan hanya terlihat bagian kakinya saja. Korban Bontor Manalu tertimbun hanya terlihat bagian dada sampai kepala. Korban Leonardo Marpaung tertimbun hanya kelihatan bagian dada sampai kepala.

RS  (19), warga Dusun Parratusan Desa Manalu Dolok serta MN (26) karyawan PT Hutama Karya yang melihat langsung kejadian berusaha melakukan pertolongan dengan cara menggali tanah timbunan tersebut secara manual. Sekira 30 menit kemudian setelah korban berhasil di evakuasi, para saksi dan para pekerja masih berada di tempat kejadian.

“Tiba-tiba datang lagi longsor susulan kedua yang mengakibatkan pekerja atas nama Eben Ezer Manalu, operator alat berat menjadi korban longsoran susulan dengan kondisi luka berat di bagian kepala akibat benturan batang kayu,” terangnya.

Terpisah Kasubbag Humas Polres Tapanuli Utara, Aiptu Sutomo Simaremare  dikonfirmasi mengataka pihaknya sudah turun ke lokasi serta membawa korban luka ke Puskesmas Parmonangan guna melakukan pertolongan pertama. (as/osi)



Pascasarjana

Unefa
Back to top button