Berita

Longsor, 5 Rumah Warga Nyaris Roboh

SIMALUNGUN, FaseBerita.ID – Sedikitnya lima unit dapur rumah warga di Nagori Laras Dua, Kecamatan Siantar, Kabupaten Simalungun, nyaris roboh akibat diterjang longsor, Minggu (18/8/2019). Selain itu, jembatan penghubung juga nyaris putus.

Salah seorang warga yang rumahnya nyaris roboh, Roidah, Senin (19/8/2019) mengatakan, sebenarnya sejak tahun di 2015 kawasan tersebut mulai longsor. Namun selama empat tahun ini, belum ada penanggulangan. Hingga Minggu kemarin, saat hujan deras longsoran pun membesar dan nyaris merobohkan rumah warga, termasuk rumahnya.

Hanya saja, katanya, sejak hingga Senin (19/8/2019) pangulu nagori tidak ada datang. Padahal warga sudah melapor.

“Jangankan penanggulangan, datang ke mari pun pangulu tidak ada,” tukasnya.

Masih menurut Roidah, beberapa rumah yang nyaris roboh selain miliknya, yakni milik Herman, Mak Tomu, dan Timur Sijabat.

Salah satu rumah warga nyaris roboh oleh longsor. (Leo Purba)

Sedangkan satu rumah lagi, milik Herdiansyah. Hanya saja sejak lama tidak ditempati karena pemiliknya khawatir rumah tersebut roboh sewaktu-waktu.

Herman yang ditemui terpisah juga mengatakan pangulu nagori setempat sejauh ini belum ada mengunjungi mereka dan meninjau lokasi longsor.

“Seharusnya panguku memberikan kenyamanan kepada kita, masyarakatnya. Tetapi sampai hari ini tidak ada datang,” ujarnya.

“Kita berharap pemerintah segera memerbaikinya. Apa menunggu rumah kami roboh? Jangan sewaktu mencalon umbar-umbar janji. Setelah duduk di kursi empuk, lupa sama rakyat,” ujar Herman sembari menunjukkan dapur rumahnya yang sudah terkena longsor.

Saat kantor Pangulu Nagori Laras Dua didatangi kemarin, salah seorang staf mengatakan atasannya tidak ada di kantor. (mag-04)



Pascasarjana

Unefa
Back to top button