Berita

Lomba Lintas Alam di Danau Gongonan

TAPSEL, FaseBerita.ID – KPA Forester Tabagsel kembali menggelar lomba lintas hutan tropis, sebagai ajang kegiatan tahunan. Pada tahun ini merupakan penyelenggaraan kelima.

Dan, penyelenggaraan memilih lokasi lomba, Kelurahan Pintu Padang, Kecamatan Batang Angkola, Kabupaten Tapsel. Sebab, kondisi hutan di sekitar wilayah lomba, terdapat sebuah danau Gongonan. Dan juga hutan yang masih bagus dan belum mengalami gangguan.

Menurut panitia, Danau Gongonan sendiri merupakan danau yang ditemukan oleh KPA Forester Tabagsel sendiri, pada kegiatan ekspedisi 2017 lalu. Danau ini memiliki luas sekitar 5,6 hektare dan berada di tengah hutan lindung Angkola. Di dalamnya, terdapat vegetasi tumbuhan rawa dan pepohonan lebat.

Sehingga, kegiatan lomba lintas hutan tropis V, yang di selenggarakan di lokasi ini, memiliki panjang 11,4 km. Melintasi hutan belantara. Jalur lomba didesign khusus memadukan berbagai tantangan tersendiri. Sehingga diharapkan peserta lomba akan merasakan pengalaman melintasi hutan yang sama sekali berbeda.

“Lomba ini akan digelar pada 8-10 Maret 2019. Sementara waktu pendaftaran peserta lomba dimulai sejak tanggal 1 Februari 2019 sampai 5 maret 2019,” sebut Ketua Panitia Cendro Iskandar Harahap.

Dikatakan, lomba ini adalah tantangan bagi peminat petualangan alam bebas. Dan eksotismen yang dimiliki Danau Gon-gonan juga menawarkan tantangannya tersendiri.

“Oleh sebab itu mari daftarkan team kamu untuk mengikuti lomba ini. Informasi pendaftaran dapat di lihat di akun media sosial kami,” pungkasnya.

Ketua KPA Forester Tabagsel Ahmad Yani Batubara menambahkan, kegiatan lomba lintas hutan tropis V ini bertujuan mengangkat potensi wisata yang ada di Tapsel.

“Di sini terdapat Gunung dan Danau Gongonan, yang apabila dikembangkan, dapat menjadi destinasi wisata baru,” ungkapnya.

Ia berharap, ke depannya KPA Forester Tabagsel mampu menggandeng stakeholder, baik dari unsur pemerintah maupun swasta untuk mengembangkan wisata petualangan alam bebas di lokasi ini.

“Ajang lomba lintas hutan tropis v ini merupakan salah satu strategi mempromosikan potensi wisata. Kelompok pecinta alam Forester Tabagsel merupakan organisasi pecinta alam yang berdiri sejak tahun 2011. Sejauh ini telah melahirkan banyak generasi pecinta alam. Selain itu juga telah melakukan berbagai macam kegiatan antara lain, kegiatan petualangan alam bebas, sosial masyarakat, ilmu pengetahuan dan lain-lain,” terangnya mengakhiri. (ran)



Pascasarjana

Unefa
Back to top button