Berita

Lomba Desain Maskot Pilkada Siantar 2020: Octa Rizaldi Bawa Pulang Rp12 Juta

SIANTAR, FaseBerita.ID – Pemenang lomba desain maskot Pilkada Siantar 2020 akhirnya diumumkan. Octa Rizaldi didapuk sebagai pemenang dan membawa pulang uang sebesar Rp12 juta.

Pemenang diumumkan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pematangsiantar saat menggelar launching Pilkada di Lapangan H Adam Malik, Sabtu (23/11/2019).

Walikota dalam sambutannya yang dibacakan Wakil Walikota Siantar Togar Sitorus mengatakan, launching ini sengaja digelar untuk memberitahukan kepada seluruh masyarakat Siantar mengenai dimulainya tahapan Pilkada 2020. Juga memberitahukan, KPU telah siap melaksanakan pemilihan kepala daerah.

“Kepada KPU, Bawaslu, serta semua aparat yang terlibat dalam pesta demokrasi, mari kita bergandeng tangan untuk menyukseskan acara besar ini dengan menjaga kondusivitas, menjaga keamanan, menjaga kenetralan, menjaga privasi, serta menghargai hak pada setiap pemilih,” ajaknya.

Masyarakat juga diajak menggunakan hak pilih sebagai warga negara.

“Saya yakin masyarakat sudah cerdas siapa yang akan menjadi pilihannya. Jadi  jangan ragu untuk menggunakan hak pilih Anda. Jadilah pemilih yang sportif, bijaksana, dan tidak mudah dipengaruhi,” katanya lagi.

Sementara Ketua KPU Siantar Daniel Sibarani menjelaskan, Maret 2019 lalu KPU telah menerima surat dari KPU RI, yang menyebutkan Pematangsiantar ikut dalam Pilkada 2020.

Acara ini untuk menegaskan Pematangsiantar akan ikut Pilkada pada tahun 2020 sesuai amanat Undang-undang (UU) Nomor 10 Tahun 2016.

Komisioner KPU RI Ilham Saputra mengatakan, Pilkada Pematangsiantar tahun 2020 merupakan amanat UU Nomor 1 Tahun 2015 yang direvisi menjadi UU Nomor 8 Tahun 2015 dan UU Nomor 10 Tahun 2016.

Ilham mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Kota Pematangsiantar, eksekutif dan legislatif yang telah memberikan Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) sebesar Rp21 miliar untuk Pilkada 2020.

Selanjutnya, dari Bawaslu RI, Friz Siregar mengatakan, hanya di Kota Pematangsiantar, dari Bawaslu RI dan KPU RI datang dalam acara launching Pilkada.

“Launching ini dihadiri KPU dan Bawaslu seluruh kabupaten/kota se-Sumatera Utara. Ini menunjukkan semangat kita bersama dalam menyongsong Pilkada tahun 2020,” katanya.

Tampak hadir Kapolres Pematangsiantar AKBP Budi Pardamean Saragih, Dandim 0207/Simalungun Letkol Inf Frans Khisin Panjaitan, Ketua KPU Sumut Herdensi Adnin, Ketua Partuha Maujana Simalungun (PNS) Minten Saragih, para tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh adat, tokoh pemuda se-Kota Pematangsiantar, serta siswa/i SMA dan SMK se-Pematangsiantar.

Terpisah, Octa Rizaldi, pemenang lomba desain maskot KPU Siantar 2020 mengatakan, dia mendesain maskot bergambar kotak suara dengan gambar gorga di atasnya.

Julukan Si Gota, kata Rizaldi, tak lain adalah kepanjangan dari Gorga Diatas Kotak Suara. Design maskot Rizaldi terinspirasi dari kotak suara.

“Kotak suara dulunya berbahan alumunium. Kebetulan yang baru sekarang berwarna putih berbahan kardus,” ujarnya yang mendesain maskot pilkada tersebut hanya tiga hari.

Penambahan gorga di atas kotak suara itu, sesuai dengan identitas kearifan lokal Pematangsiantar, yang selalu menggoreskan gorga pada gedung pemerintahan. Pemilihan ini jenis Gorga Simalungun yang melambangkan kedamaian dan keindahan.

“Untuk di Siantar kita lihat sendiri banyak gorga-gorga. Kebetulan (jenis) gorga yang kita pilih ini Pinar Appul-appul yang artinya kupu-kupu, melambangkan kedamaian dan keindahan,” ujarnya seraya berharap Pilkada Siantar 2020 bisa berjalan damai.

Pada kesempatan itu, Komisioner KPU RI Ilham Saputra secara simbolis memberikan hadiah juara pertama lomba desain maskot senilai Rp12 juta kepada Rizaldi. (Mag 04)



Unefa

Pascasarjana
Tags
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker