Berita

Loka POM Tanjungbalai Gelar Sosialisasi Obat dan Pangan

TANJUNGBALAI, FaseBerita.ID – Melihat masih banyaknya kasus penyalahgunaan obat dan beredarnya pangan menggunakan bahan yang dilarang, Loka POM Kota Tanjungbalai bersama Dinas Kesehatan Kabupaten Labura, Rabu (20/3), mengadakan kegiatan sosialisasi penyebaran informasi tentang bahaya penyalahgunaan obat dan bahan yang dilarang dalam pangan, di Hotel Grand Labura Jalan Angkatan Nomor 66 Aek Kanopan.

Kepala Loka POM Tanjungbalai Denny S Purba dalam paparannya memberikan pemahaman kepada guru dan siswa SMA di Kabupaten Labura, tentang bahaya yang terjadi akibat penyalahgunaan obat mulai dari penyakit semakin parah, biaya pengobatan yang meningkat, resistensi obat, dan bahkan menyebabkan kematian, juga memberikan contoh beberapa obat yang sering disalahgunakan.

Dikatakannya, kegiatan ini akan terus ditingkatkan untuk waktu yang akan datang, guna melindungi masyarakat dari peredaran obat dan makanan ilegal. Hal senada  juga diungkapkan Sekretaris Dinas Kabupaten Labura Tigor Pasaribu.

Diterangkannya, bahaya yang timbul akibat dari penggunaan bahan yang dilarang dalam pangan dapat menyebabkan mulai dari mual, muntah, pusing, sakit kepala dan mencret, bahkan dapat menyebabkan kanker.

Bahan-bahan dilarang dalam pangan yang sering digunakan adalah formalin, boraks dan pewarna. “Yang dilarang dalam pangan yaitu rhodamin B dan methanil yellow,” terangnya. Pantauan wartawan, kegiatan ini disambut penuh antusias oleh peserta yang hadir. (ck-04/ahu)



Pascasarjana

Unefa
Back to top button