Berita

Logistik Pemilu Tiba di Tapteng

TAPTENG, FaseBerita.ID – Logistik pemilu serentak 2019 berupa surat suara calon Presiden (Capres)/Wakil Presiden (Cawapres) RI dan calon Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI telah tiba di Kabupaten Tapanuli Tengah (Tapteng), Rabu (6/3) malam sekira pukul 20.30 WIB.

Surat suara tersebut dibawa dengan truk PT. Pos Indonesia dari Belawan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumut. Setelah sebelumnya melakukan pembongkaran logistik yang sama di KPU Kota Sibolga.

Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Tapteng, Fery Yosha Nasution, mengatakan penerimaan logistik Pemilu 2019 tersebut dihadiri dan disaksikan langsung oleh Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) dan aparat keamanan (Kepolisian) Tapteng. Logistik diterima dan disimpan di gudang logistik Pemilu di jalan Dangol Tobing, kompleks Tolang Elok Permai, Kecamatan Pandan.

“Sesuai manifest (Data), ada sebanyak 444.872 lembar surat suara untuk Capres/Cawapres dan DPD RI yang kita (KPU Tapteng) terima ini. Sebanyak 222.436 lembar (112 packs/bungkus) itu untuk Capres/Cawapres dan 222.436 lembar (445 packs) untuk DPD RI,” sebut Fery Yosha kepada wartawan, Kamis (7/3).

Selanjutnya, KPU Tapteng akan melakukan sortir dan pelipatan surat suara tersebut demi mengetahui jumlah pasti surat suara yang diterima serta mengidentifikasi surat suara yang rusak.

“Namun belum tahu kapan jadwalnya, tapi yang pasti dalam waktu dekat ini juga,” ungkap mantan Ketua Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Tapteng ini.

Sebelumnya KPU Tapteng telah menerima logistik Pemilu serentak 2019 berupa kertas suara untuk DPR RI, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten pada Jumat 9 Februari 2019 lalu. Jumlahnya sebanyak 671.309 lembar.

Namun setelah dilakukan penyortiran dan pelipatan, ditemukan sebanyak 640 dari total surat suara tersebut yang rusak. Dengan rincian surat suara untuk DPR RI Dapil Sumut 2 sebanyak 105 lembar dan DPRD Provinsi Dapil Sumut 9 sebanyak 301 lembar.

Selanjutnya untuk DPRD Tapteng Dapil 1 sebanyak 180 lembar, Dapil 2 sebanyak 13 lembar, Dapil 3 sebanyak 20 lembar dan Dapil 4 sebanyam 21 lembar. (ts/osi)



Pascasarjana

Unefa
Back to top button