Berita

Limbah Hutalombang Dikeluhkan Warga di Padang Lawas

FaseBerita.ID – Reses III sidang I tahun 2019-2020 anggota DPRD Provinsi Sumut H Tondi Roni Tua menyapa warga Desa Sihiuk Kecamatan Lubuk Barumun, Rabu (9/9). Dalam pertemuan anggota DPRD fraksi Demokrat ini bersama warga menyerap aspirasi.

Di kesempatan itu, limbah pabrik PT VAL Hutalombang jadi satu poin keluhan yang disampaikan warga. Sebab, kurum beberapa tahun, kondisi pencemaran limbah terhadap sungai masih terus berlangsung.

Air sungai tak bisa difungsikan lagi. Tercemari limbah, yang merubah wujud dan zat air.

“Kami menyebutnya Aek parkinonan/ sungai sihiuk. Tentunya Desa sihiuk dan pagaran mompang lubuk barumun dan sekitarnya berharap agar pencemaran limbah pabrik hutalombang bisa diatasi. Ini permohonan kami, agar bapak DPRD Sumut menanggapi keluhan tersebut,” beber Jabahota Pulungan warga Desa Sihiuk, dan Nirwan Daulay warga Pagaran mompang Kecamatan Lubuk Barumun.

Selain itu, warga juga mengeluhkan kondisi jalan provinsi yang melintas sepanjang Kabupaten padang lawas. Menurut warga, kondisi jalan provinsi ini masih banyak butuh perbaikan.

“Karena tidak layak lagi, dilihat dari kecilnya jalan, rusaknya, belum lagi banyaknya lobang, sudah tidak layak lagi. Jadi sebagai warga padang lawas, kami berharap ini dapat diperhatikan abanganda H Tondi Roni Tua, untuk disampaikan ke pemprovsu,” kata Habibi Pulungan, warga Desa Sihiuk dalam pertemuan reses anggota DPRD Sumut tersebut. (tan)



Pascasarjana

Unefa
Back to top button