Berita

Layanan PDAM Tirtauli Kembali Terganggu

FaseBerita.ID – Pelanggan PDAM Tirtauli yang tinggal di sekitar Siantar Sawah, Kelurahan Tong Maribun, Kecamatan Siantar Marimbun, mengeluhkan pendistribusian air karena kerap macet bahkan tak jarang mati total. Persoalan ini telah lama dikeluhkan, namun tak kunjung mendapatkan solusi.

Salah seorang warga yang mengaku bermarga Napitupulu mengakui, warga yang mengalami dampak buruk atas pelayanan PDAM Tirtauli terpaksa mengandalkan air irigasi di sana. Itu dipakai untuk kebutuhan cuci piring, pakaian dan juga kadang untuk mandi. Sementara untuk kebutuhan air air minum dan memasak, warga meminta dari warga yang bisa mendapatkan distribusi air.

“Tidak ada air. Mati total. Selama 24 jam kadang sama sekali tidak ada. Kita cari air bersih jauh dari daerah sebelahnya orang yang tinggal di Simarimbun. Rencananya kita akan melakukan aksi unjum rasa,” katanya dengan nada kesal, Senin (4/3).

Baca: Pejabat Badan Pengawas PDAM Tirtauli Kosong 

Masalah ini tidak ditepis Direksi PDAM Tirtauli melalui Humas, Ihwan Lubis. Saat ini pihaknya sedang menelusuri penyebabnya. Prediksi saat ini, agar pohon mahoni mungkin menjepit pipa. “Ini sedang dicari. Sebelumnya sudah dapat dititik lain, ternyata malah beralih ke daerah lainnya,” ucapnya.

Ihwan Lubis mengaku, tidak banyak warga yang mengalami dampak buruknya. Dan untuk sementara waktu pihaknya telah mengirimkan mobil tangki untuk menyuplai air. Ini khusus siang hari karena pada malam harinya air masih hidup walau belum normal.

Sementara Direktur Teknik, Paruhum  Siregar mengaku saat ini  sedang diupayakan mencari titik penyumbatan.  Dua titik sudah sempat digali  namun belum menemukan masalah.

“Anggota kita tetap dilapangan mencoba mencari  dimana yang tersumbat. Mudah-mudahan cepat dapat,”  katanya sembari meminta maaf atas kendala ini. (pam/esa)



Pascasarjana

Unefa
Back to top button