Berita

Launching Pilkada Sibolga: ASN Harus Netral

SIBOLGA, FaseBerita.ID – Dalam pesta demokrasi Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Sibolga pada 23 September 2020 mendatang, Aparatur Sipil Negara (ASN) yang ada di jajaran Pemerintah Kota Sibolga diminta bersikap netral.

Penegasan itu disampaikan Walikota Drs M Syarfi Hutauruk usai pelaksanaan launching Pilkada Sibolga, Rabu (5/2) lalu di Gedung Modern Pantai Ujung Sibolga.

“Memang Setiap orang berhak mencalonkan dan dicalonkan. Tetapi bagi ASN yang mencalonkan diri ada aturan-aturan tertentu yang perlu untuk dipatuhi, di antaranya, ASN yang mencalonkan diri tersebut harus bebas dari jabatan, kemudian mengundurkan diri dari PNS bila sudah ditetapkan oleh KPU menjadi calon,” jelas walikota.

Terkait adanya salah seorang PNS yang berniat maju menjadi Balon Walikota Sibolga seperti yang telah disampaikan oleh KPU, Pemerintah Kota Sibolga akan segera memanggil ASN tersebut untuk diklarifikasi, agar jangan nantinya dikira pemerintah kota berpihak pada ASN Tersebut.

“Bagi ASN yang memiliki jabatan, nantinya akan kita tanyakan pilihannya meletakkan jabatan terlebih dahulu atau dan menjadi ASN biasa?” jelas Syarfi Hutauruk.

Namun menurut dia, ASN tersebut dapat berhenti dari status PNS bila yang bersangkutan telah ditetapkan menjadi calon oleh KPU Sibolga. “Karena KPU Sibolga sudah menyampaikan tadi, ada ASN yang sudah mulai berjalan melalui jalur independen. Maka kami akan melakukan pemanggilan untuk klarifikasi pengunduran dirinya dari jabatannya. Dan itu akan terjadi di semua tingkatan, baik di jabatan kepala seksi, kepala bagian maupun jabatan kepala dinas atau kepala badan, supaya betul-betul netral ASN ini,” tegasnya.

Kemudian lanjut walikota, jika ASN tersebut sudah ditetapkan oleh KPU menjadi calon walikota atau wakil walikota, suka tau tidak suka, Pemerintah Kota Sibolga akan mengajukan ke Menpan-RB untuk pemberhentian secara hormat atau pemberhentian dengan pengajuan sendiri. (mis)

Tags

Berita lainnya

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker
Close