Berita

LAPI Perkuat Mutu Akreditasi STMIK Royal Kisaran

KISARAN, FaseBerita.ID – STMIK Royal Kisaran akan tetap mempertahankan penjaminan mutu akreditasi B yang selama ini diraih dan berupaya meningkatkan capaian menjadi predikat A pada target dua tahun mendatang.

Salah satu upaya yang dilakukan untuk mencapai tujuan tersebut di antaranya kinerja Lembaga Audit dan Pengawas Internal (LAPI).

LAPI bagi STMIK Royal Kisaran mempunyai tugas dalam bidang pengendalian mutu sumber daya internal di akademik apakah selama ini organisasi yang dircanang telah berjalan dengan baik dan optimal, termasuk pengajaran yang diberikan dosen telah sesuai dengan Standrt Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI).

Baca juga: 3 Mahasiswa STMIK Royal Dapat Kucuran Dana dari Kemenristek Dikti

“Saat ini LAPI tengah menyiapkan seluruh laporannya atas audit internal yang sudah kami jalankan. Adapun hasil yang direkomendasikan LAPI kepada Ketua selaku pimpinan di STMIK Royal bisa dijadikan evaluasi untuk mensinergikan kekurangan dan kelebihan kinerja internal dilingkungan Kampus,” kata Herman Saputra MKom, Ketua LAPI saat berbincang bersama wartawan, Jumat (29/3).

Lebih jauh, Herman menjelaskan timnya dalam bekerja dibantu oleh auditor prodi yang masing masing beranggotakan tiga orang. Auditor sistim informasi diketuai oleh Elly Rahayu SE MM dan auditor sistim komputer diketuai oleh Rolly Resputra MKom.

Baca juga: Dosen STMIK Royal Tuntaskan Pengabdian Masyarakat di Porsea

“Cacatan, saran, dan rekomendasi terhadap audit nantinya segera kami sampaikan untuk meningkatkan kinerja sesuai regulasi dan standar operasional yang ditetapkan,” tambah Herman.

Sementara itu, Ketua STMIK Royal Kisaran Dr H Moh Saleh Malawat SE MMA melalui wakil ketua I Bidang Akademik Dr M Irfan Fahmi M.Kom mengatakan bahwa peran LAPI sangat strategis sebagai pusat pengawasan internal di lingkungan kampus.

Baca juga: STMIK Royal Terima Bantuan Tracer Study

“Karena kepercayaan masyarakat yang sudah banyak mengetahui keberadaan STMIK Royal Kisaran, bukan diraih dengan mudah termasuk predikat akreditasi saat ini. Oleh karena itu, guna menjamin sumber daya internal tadi kami mengoptimalkan peran lembaga audit dan pengawas internal (LAPI),” jelas Irfan.

Lebih jauh, Irfan menjabarkan adapun tujuan dari audit internal dan pengawasan oleh LAPI ini bukan bermaksud untuk mencari kesalahan pihak yang teraudit.

Baca juga: 9 Dosen STMIK Royal Menangkan Hibah PDP

Namun untuk mencocokan kesesuaian antara standar pendidikan tinggi yang ditetapkan oleh STMIK Royal dengan kenyataannya di lapangan, dan dimaksudkan pula untuk mencari peluang-peluang bagi peningkatan mutu internal masing-masing program studi.

“Hal ini juga sebagai bentuk tanggung jawab bersama dalam mempertahankan apa yang selama ini diraih dan kita akan terus meningkatkan prestasi yang dicapai,” sebut Irfan. (Per)



Pascasarjana

Unefa
Back to top button