Berita

Lapas Siborongborong Panen Raya Jagung Hibrida

Dukung Ketahanan Pangan Serta Resolusi Pemasyarakatan Tahun 2020

TAPUT, FaseBerita.ID– Pelatihan kemandirian bagi warga binaan dilaksanakan oleh Lapas Siborongborong bekerja sama dengan pihak ketiga  dalam hal ini adalah PT Wahana Subur Jaya yang berada di Siborongborong.

Pada Rabu (2/9) melakukan kegiatan panen raya jagung di lahan pertanian milik Lapas Siborongborong di atas lahan seluas 2.000 meter

Dan, jagung yang dihasilkan sebanyak 1 ton. Jagung tersebut ditanam pada pertengahan bulan  April lalu sebagai bentuk hasil dari pelatihan kemandirian warga binaan Bidang pertanian  Lembaga Pemasyarakatan (lapas) Klas IIB Siborongborong.

Kegiatan Panen berlangsung di areal perkebunan luar tembok Lapas yang dipimpin langsung oleh Kalapas M Pithra Jaya Saragih, Amd IP, SH, MH dan Seluruh pejabat dan pegawai, Rabu pagi.

Kalapas Kelas IIB Siborongborong Pithra Jaya Saragih mengatakan, tanaman jagung M28 dan BSI 2 yang dipanen kali ini, hasilnya akan disumbangsihkan ke PNBP (Pendapatan Negara Bukan Pajak ) Lapas Siborongborong sesuai dengan salah satu poin pada Resolusi Pemasyarakatan Tahun 2020. Dan, bagi warga binaan yg mengikuti kegiatan juga akan mendapatkan premi dari hasil yang didapatkan.

“Setelah ini kita akan remajakan tanaman jagung kembali atau tanaman lain,” katanya.

Kalapas juga berharap, dengan lahan Lapas Siborongborong yang cukup luas serta kondisi tanah yang subur, program pembinaan pertanian luar lapas dapat lebih produktif ke depannya untuk menghasilkan produk pertanian unggul dan Pendapatan Negara Bukan Pajak.

Turut serta dalam kegiatan panen raya jagung Komandan Koramil 18 Siborongborong Kapten Sibayang, sebagai bentuk sinergitas Lapas Siborongborong dengan Kodim/koramil setempat dalam menjaga lapas tetap kondusif. (leo/rel)



Pascasarjana

Unefa
Back to top button