Berita

Lapas Klas IIA Siantar Bebaskan 26 Orang

FaseBerita.ID – Lapas Klas IIA Siantar membebaskan sebanyak 26 orang dibebaskan, Rabu (1/4).

Pembebasan itu sesuai dengan SK yang diterbitkan Kememkumham Yasona Laoli sebagai bentuk pencegahan penyebaran virus corona.

Humas Lapas Klas IIA Siantar Hiras Silalahi saat dikonfirmasi melalui sambungan telepon selulernya membenarkan bahwa pihaknya telah mengeluarkan 26 orang Narapidana.

“Dari 26 orang itu, 3 diantaranya wanita. Namun soal perincian lama hukuman dan kasusnya, saya tidak ingat secara jelas,” ujar Hiras yang mengaku sedang dalam perjalanan.

Diterangkan Hiras, mereka yang bebas itu umumnya yang telah menjalani hukuman 2/3 dari lama vonis hukuman.

Sementara itu, untuk napi kasus narkoba, yang mendapat keringanan hukuman adalah para napi yang vonis hukumannya di bawah 5 tahun penjara dan juga telah menjalani hukuman 2/3.

Menurut Hiras, proses keringanan pembebasan ini masih terus berlanjut.

“Pertama sudah ada 26 orang yang bebas. Kemungkinan masih ada tambah lagi karena masih dalam proses. Karena semua ada ketentuan dan syarat untuk bisa bebas bersyarat. Seperti berkelakukan baik selama di Lapas dan aturan lainnya,” jelasnya.

Hal senada disampaikan Kepala Seksi Bimbingan Napi & Anak Didik (Kasi Binadik) Auliya Fahmi.

“Ini tahap pertama,  untuk data selengkapnya pihak Lapas akan mendata setiap narapidana yang telah memenuhi syarat dan petunjuk Permenkumham itu,” jelasnya.

“Untuk seminggu ini, kita prioritaskan bagi napi yang telah menjalani setengah masa pemidanaan, sesuai Permenkumham. Selanjutnya kami akan terus mendata para napi yang akan dibebaskan,” jelas Fahmi didampingi Humas Hiras Silalahi. (Mag-03)



Unefa

Pascasarjana
Tags
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker