Berita

Langgar Protokol Kesehatan saat Resepsi Pernikahan, Kasat Intel Polres Sergai Dicopot

FaseBerita.ID – Kasat Intel Polres Serdang Bedagai (Sergai), AKP Bobi Vaski Pranata dicopot dari jabatannya lantaran menggelar resepsi pernikahan di salah satu gedung, di Kabupaten Labuhanbatu di masa pandemi Covid-19.

AKP Bobi dimutasikan sebagai Pama Yanma Polda Sumut. Mutasi ini, tertuang dalam Surat Telegram Kapolda Sumut Irjen Pol Martuani Sormin Nomor ST/924/X/KEP./2020 per tanggal 2 Oktober 2020.

Dalam Surat Telegram itu, Kapoldan Sumut Irjen Pol Martuani Sormin mempercayakan jabatan Kanit Intelkam Polres Sergai kepada AKP Luhut Bapit Sihombing yang sebelumnya menjabat Kanit Intelkam di Polres Pakpak Bharat.

Selain itu, sebagai penggantinya, Kapolda juga mempercayakan Iptu Yusri Darma Siregar sebagai Kanit Intelkam Polres Pakpak Bharat. Di mana, Iptu Yusri sebelumnya menjabat sebagai Kaurbinopsnal Satintelkam Polres Simalungun.

Sebagaimana diketahui, pencopotan AKP Bobi Vaski Pranata sebagai Kasat Intelkam Polres Sergai karena dianggap telah melanggar protokol kesehatan saat menggelar resepsi pernikahan di salah satu gedung di Kabupaten Labuhanbatu, Sabtu (26/9) lalu.

Kabid Humas Polda Sumut Kombes Pol Tatan Dirsan Atmaja mengatakan, saat ini pihaknya dalam hal ini Bidang Propam juga telah menangani kasus tersebut. “Awalnya beredar video resepsi pernikahan saat pandemi, kemudian kita mengecek kebenaran dan ternyata benar kalau yang menggelar pesta pernikahan itu anggota Polri,” ungkapnya kepada wartawan.

Tatan melanjutkan, setelah dilakukan temuan itu, pihak Propam Polda Sumut langsung melakukan pemanggilan. Menurut dia, oknum Polri jebolan Akpol itu dinilai melanggar maklumat Kapolri Jenderal Pol Idham Adziz tentang kepatuhan terhadap kebijakan pemerintah dalam penanganan penyebaran Covid-19. “Nantinya anggota tersebut akan menjalani sidang disiplin,” jelasnya.

Saat ini kata Tatan, pihaknya sudah memberikan sanksi sementara terhadap personel tersebut. Sanksi itu berupa membebaskan tugaskannya dari jabatannya sebagai Kasat Intel. “Sudah dicopot dari jabatannya,” tandasnya. (mbc)



Pascasarjana

Unefa
Back to top button