Berita

Lagi, KPU Tapteng Buka Layanan Pindah Memilih

TAPTENG, FaseBerita.ID – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tapanuli Tengah (Tapteng), kembali membuka kesempatan kepada pemilih yang hendak berpindah tempat pemungutan suara (TPS) atau pindah memilih pada Pemilu 2019 mendatang.

Kebijakan ini diambil menyusul dikabulkannya uji materi terhadap Pasal 210 ayat (1) Undang-undang Nomor 7 tahun 2017 tentang Pemilu, terkait pemilih yang ingin berpindah TPS. Mahkamah Konstitusi (MK) mengeluarkan putusan yang memperpanjang masa pendaftaran daftar pemilih tambahan (DPTb) Pemilu 2019. Namun, pelayanan pindah memilih hanya berlaku hingga H-7 pemungutan suara atau 10 April 2019.

Komisioner KPU Tapteng Divisi Sosialisasi dan Partisipasi Masyarakat, Feri Yosha Nasution menjelaskan, dalam putusan itu berpindah TPS hanya berlaku pada pemilih yang mempunyai empat alasan yakni, dalam keadaan sakit, tertimpa bencana alam, menjadi tahanan dalam kasus tindak pidana, dan sedang menjalankan tugas pada saat pemungutan suara.

Baca juga: 23 Warga Labuhanbatu Pindah Tempat Memilih ke Deli Serdang

Pemilih yang ingin pindah memilih dapat mengurus proses administrasinya di kantor KPU Kabupaten/Kota. Sementara, pemilih tak bisa diberi layanan pindah memilih hanya dengan alasan sedang berjalan-jalan ke daerah asal ketika hari pemungutan suara.



Pascasarjana

Unefa
1 2Laman berikutnya
Back to top button