Berita

Lagi, Kota Sibolga Raih Penghargaan Kota Sehat Swasti Saba Padapa

SIBOLGA, FaseBerita.ID – Prestasi di tingkat nasional kembali diraih Pemerintah Kota (Pemko) Sibolga. Kali ini, Pemko Sibolga dianugerahi penghargaan Swasti Saba Padapa oleh Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) dan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

Penghargaan itu diserahkan oleh Menteri Dalam Negeri RI H Muhammad Tito Karnavian kepada Walikota Sibolga HM Syarfi Hutauruk yang diwakili Sekretaris Daerah M Yusuf Batubara, di ruang Sasana Bhakti Praja Kementerian Dalam Negeri RI Jakarta, Selasa (19/11/2019).

Sekda M Yusuf Batubara kepada wartawan menyampaikan, penghargaan diterima setelah sebelumnya tim penilai dari Kementerian Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) dan Kementerian Kesehatan melakukan verifikasi di lapangan di bulan Agustus lalu. “Artinya bahwa penghargaan kota sehat Swasti Saba Padapa adalah penghargaan yang diberikan kepada kabupaten/kota yang telah lolos dalam penilaian tatanan kawasan pemukiman sarana dan prasarana umum, dan tatanan kehidupan masyarakat yang sehat dan mandiri,” beber Yusuf.

Yusuf menjelaskan, Kota Sehat sesuai peraturan bersama Menteri Dalam Negeri dan Menteri Kesehatan No. 34 tahun 2005 dan No. 1138/Menkes/PB/VII/2005, adalah suatu kondisi kabupaten/kota yang bersih, nyaman, aman, dan sehat untuk dihuni penduduk yang dicapai melalui terselenggaranya penetapan beberapa tatanan dengan kegiatan yang terintegrasi dan disepakati masyarakat bersama pemerintah daerah.

“Alhamdulillah Kota Sibolga pada tahun ini terpilih sebagai peringkat ke 6 Kota Sehat dari seluruh kota yang ada di Indonesia,” terang Yusuf.

Walikota Sibolga HM Syarfi Hutauruk yang sedang mengikuti Program RUDS di California Amerika Serikat menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada Sekda Kota Sibolga, Dinas Kesehatan, Tim Kota Sehat dan seluruh masyarakat Kota Sibolga.

“Prestasi ini adalah bukti keberhasilan bersama Pemko dan masyarakat, atas keseriusan dalam mewujudkan perubahan perilaku hidup yang sehat bagi masyarakat kota Sibolga. Apalagi hal ini sesuai visi Kota Sibolga mewujudkan Sibolga yang sejahtera, maju dan berdaya saing,” ujar Syarfi.

Walaupun Sibolga kecil kotanya dan APBD-nya juga kecil, sambung Syarfi, namun capaian prestasi demi prestasi besar sangat banyak yang sudah didapatkan.

“Saya juga mendapat kabar bahwa banyak sekali kepala daerah yang hadir kecewa, setelah datang jauh-jauh tetapi tidak dapat menerima penghargaan langsung dari Pak Mendagri, karena hanya 8 besar yang diserahkan Pak Mendagri. Sementara Sibolga kota kecil, di pinggir pantai dan jauh dari metropolitan, namun diperhitungkan oleh Pemerintah Pusat dan kota lain di Indonesia,” imbuhnya.

Syarfi mengaku, dia sangat bersyukur Kota Sibolga mendapatkan penghargaan dari pemerintah pusat sebagai Kota Sehat dengan kategori Swasti Saba Padapa.

“Hal ini menunjukkan Kota Sibolga mampu melakukan penataan dalam bidang kesehatan masyarakat. Penghargaan ini tentunya dipersembahkan bagi seluruh warga Kota Sibolga karena sudah mendukung kinerja pemerintah daerah,” tandasnya lantas berharap penghargaan ini dapat memotivasi seluruh masyarakat Sibolga untuk selalu berperilaku hidup sehat. (rb)

Tags

Berita lainnya

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker
Close