Berita

Lagi, 1 ASN di Lingkungan Kejari Humbahas Positif Covid-19

FaseBerita.ID – Kasus Covid 19 di kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas) kembali bertambah. Seorang petugas di lingkungan Kejari (Kejaksaan Negeri) Humbahas dinyatakan positif terpapar covid 19. JA, Laki-laki berusia 36 tahun, warga Tanjung Morawa yang berdomisili di Desa Sosor Gonting, Kecamatan Dolok Sanggul adalah PNS yang bertugas di Kejaksaan Negeri (Kejari) Humbahas diketahui berstatus tanpa gejala.

Kasus ini menambah jumlah ASN yang terkonfirmasi positif Cofid 19 setelah sebelumnya baru-baru ini seorang petugas RSUD di daerah tersebut juga dinyatakan positif terinfeksi covid 19.

Juru bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan covid 19, Drs Hotman Hutasoit menyebutkan, JA diketahui positif terpapar covid 19 setelah Dinas Kesehatan Humbahas menerima hasil swab dari Dinas Kesehatan Tapanuli Utara (Taput) pada tanggal 28 Agustus 2020 (Bersamaan dengan waktu keluarnya pemeriksaan PCR swab TT, red).

“Pada tanggal 28, Dinas Kesehatan Humbahas menerima hasil swab JA dari Dinas Kesehatan Taput dengan hasil terkonfirmasi Positif Covid-19 dengan status tanpa gejala,” ujar Hotman.

Hotman menjelaskan, sebelumnya pada tanggal 14 Agustus JA pergi ke Medan untuk menghadiri pesta keluarga dan kembali ke Dolok Sanggul tanggal16. Kemudian tanggal  26, JA dirapid test di RSUD Dolok Sanggul dengan hasil reaktif.

Merujuk pada hasil rapid test tadi, tanggal dua puluh tujuh, RSUD Doloksanggul mengambil spesimen swab untuk diperiksa di RSUD Taput sebagai RS rujukan covid 19. Dan pada hari yang sama JA menghadiri pemakaman ibunya di Desa Sibuluan, Kecamatan Onanganjang.

Dinas Kesehatan Humbahas dan Puskesmas Onanganjang telah melakukan tracing terhadap orang yang dianggap kontak erat dengan JA. Yakni pihak keluarga, masyarakat Onan Ganjang yang mengikuti acara pemakaman orang tua JA beserta rekan sekantornya di  Kejaksaan Negeri Humbang Hasundutan.

Dari seratus orang lebih yang di lakukan rapid test ditemukan tujuh orang reaktif “Dari seratus orang lebih Jumlah yang di Rapid Test, ditemukan tujuh orang reaktif,” imbuhnya.

Masih menurut Hotman, Dinas Kesehatan Humbahas akan melakukan test swab kepada enam orang yang rektif rapid test, Rabu (2/9). Sementara itu, satu orang lainnya akan melakukan swab test mandiri.

“Perkembangan selanjutnya akan kami informasikan,” tandasnya.(sht)



Pascasarjana

Unefa
Back to top button