Berita

Kursi DPRD Dapil IV Palas Diduga Ada Manipulasi Perolehan Suara

PALAS, FaseBerita.ID – Rekapitulasi perhitungan suara pemilu masih sedang bergulir di tingkat kecamatan. Dan untuk DPRD Kabupaten Palas, peraih kursi di tiap dapil di Kabupaten Palas mulai tampak. Saat bergulir rekapitulasi ini, muncul sejumlah kejanggalan.

Perebutan kursi DPRD Kabupaten Palas di Dapil IV Hutaraja Tinggi diduga kuat sarat manipulasi perolehan suara. Pasalnya, hasil perolehan suara tak sesuai antara papan pleno dengan salinan C1.

Informasi yang dihimpun Metro Tabagsel, Minggu (21/4) ketidaksinkronan hasil perolehan itu tampak dari salinan C1 yang menyebar di masing-masing pihak. Terdapat perbedaan perolehan suara pada papan pleno sebagai bukti awal perhitungan.

Memang, persaingan ketat ini terjadi di internal partai. Perebutan sisa kursi dari 5 kursi yang tersedia diduga menjadi motif manipulasi.

Perolehan suara caleg tersebut tampak seperti di Trans Pir IV di TPS 1. Di papan pleno yang difoto lalu di fotocopi dalam bentuk kertas itu salah satu caleg mendapat 17 suara. Namun pada salinan C1 yang menyebar hanya 7 suara. Hilang 10 suara.

Kalau di Trans Pir 3A pada TPS 1 di papan pleno terdapat perolehan caleg ini 6 suara. Sedang di C1 yang beredar 0. Kemudian di Aliaga TPS 7 mendapat 7 suara. Sementara di C1 hanya 4 suara.

Tidak itu saja, kejanggalan juga kental terasa pada sejumlah TPS di Desa Sungai Korang. Pasalnya salinan C1 yang mestinya ditandatangani para saksi, kosong.

Sayang, temuan kejanggalan dan dugaan permainan ini tak diakui Panwas Kecamatan Hutaraja Tinggi. Saat ditemui disela rekapitulasi perhitungan tingkat kecamatan di kantor Camat Hutaraja Tinggi kemarin panwas membantah ada permainan dan kejanggalan yang mengarah pada pelanggaran pemilu itu. Malah diakui panwas sejauh ini belum ada laporan atau temuan pelanggaran pemilu serentak 2019 ini.

“Tidak ada (persoalan), tidak ada pelanggaran. Kalaupun ada persoalan mungkin di internal partai. Kalau pelanggaran tak ada,” kata Sahminan, ketua Panwas Kecamatan Hutaraja Tinggi. (tan)



Pascasarjana

Unefa
Back to top button