Berita

Kuliah Umum Bersama Kantor Distrik Navigasi Sibolga: Mahasiswa Sesalkan Pencurian Alat Navigasi

SIBOLGA, FaseBerita.ID – Sekolah Tinggi Perikanan (STP) Sibolga kembali melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi dengan melakukan kuliah umum bersama Kantor Distrik Navigasi Kelas III Sibolga, Rabu (6/11/2019) lalu.

Sebanyak 35 mahasiswa semester 3 dari Program Studi Pemanfaatan Sumber Daya Perikanan mendapat pemaparan materi navigasi.

Pada kegiatan tersebut Kasilog Navigasi Sibolga Yudi Ardiansyah berusaha menjelaskan tentang Navigasi sebagai bekal ilmu para mahasiswa. “Dalam mempelajari navigasi, ada 5 komponen, yaitu pengamatan laut, Sarana Bantu Navigasi Pelayaran (SBNP), telekomunikasi pelayaran, kapal negara dan sistem perbengkelan,” papar Yudi Ardiansyah.

Pada kesempatan tersebut, pihak Kantor Navigasi Sibolga berharap kepada elemen mahasiswa, agar dapat mendukung pengimplementasian PP Nomor 5 Tahun 2010 tentang kenavigasian. Agar angka keselamatan berlayar, khususnya di daerah Pantai Barat Sumatera, semakin tinggi.

Selain sesi tanya jawab, mahasiswa juga menyampaikan rasa kecewa kepada oknum-oknum pencuri alat-alat navigasi yang ada di tengah laut, seperti lampu pada rambu suar. Karena itu, para mahasiswa berjanji akan ikut mensosialisasikan pentingnya navigasi dalam keselamatan berlayar.

Ketua STPS Dr Lucien Pahala Sitanggang yang turut mendampingi mahasiswa, mengapresiasi pihak Navigasi Sibolga yang ikut memberikan perhatian kepada dunia pendidikan, khususnya sektor perikanan dan kelautan.

“Kami sepakat ikatan kerjasama antara STP Sibolga dengan Distrik Navigasi Kelas III Sibolga ini akan terus ditingkatkan,” ujar Lucien. (ts/mis)

Tags

Berita lainnya

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker
Close