Berita

KPU Tanjungbalai Siap Gelar Pilkada Sesuai Protokol Covid-19

Ajukan Anggaran Tambahan untuk APD

FaseBerita.ID – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Tanjungbalai bersiap menyelenggarakan pemilihan kepala daerah (Pilkada) yang rencananya dilangsungkan pada 9 Desember 2020 sesuai protokoler Covid-19.

“Kita saat ini bersiap melaksanakan tahapan Pilkada sesuai protokoler Covid-19. Namun kita masih menunggu peraturan KPU tentang tahapan program jadwal, serta SK KPU terkait pencabutan penundaan tahapan yang tertunda sebelumnya, ” kata Ketua KPU Luhut P Siahaan, Kamis (4/6).

Luhut mengatakan, lanjutan tahapan Pilkada yang sempat tertunda akibat pandemi Covid-19 seperti pelantikan PPS di 31 kelurahan di Tanjungbalai, pendataan pemilih, verifikasi faktual untuk calon perseorangan, pembentukan petugas pemutahiran data pemilh (PPDP) akan dilaksanakan dengan mematuhi prosedur penanganan Covid-19.

Oleh karena itu, KPU Tanjungbalai akan terus melakukan kordinasi dengan Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Tanjungbalai dengan memperlengkapi petugas-petugas memakai masker, hand sanitizer, menjaga jarak saat dilakukan verifikasi faktual, termasuk dalam memberdayakan fasilitas-fasilitas ICT (Information, Communication and Technology).

Lebih lanjut dikatakan Luhut, bahwa dalam pelaksanaan tahapan Pilkada sesuai protokoler Covid-19 itu maka KPU Tanjungbalai membutuhkan anggaran tambahan, salah satunya untuk pembelian alat pelindung diri (APD).

“Anggaran tambahan itu sudah kita ajukan ke KPU Provinsi sekitar Rp.3 Miliar. Namun jumlah itu masih dicermati,” ucapnya.

Selanjutnya, Luhut juga mengimbau para bakal calon dan pendukung serta masyarakat untuk tetap mematuhi anjuran pemerintah dalam penanganan Covid-19.

“Semoga semua berjalan dengan lancar, dan proses tahapan demi tahapan tidak ada gangguan, sehingga pesta demokrasi untuk memilih wali kota dan wakil wali kota Tanjungbalai terlaksana dengan baik,” katanya. (ck04/rah)

Unefa

Pascasarjana

Tags

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker
Close