Berita

KPU Sibolga Umumkan Hasil Verifikasi Pasangan ABADI Belum Memenuhi Syarat

FaseBerita.ID – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Sibolga dalam rapat pleno terbuka pemberitahuan hasil verifikasi syarat calon Bakal Pasangan Calon Walikota dan Wakil Walikota Sibolga tahun 2020, Selasa (29/9) mengumumkan hasil verifikasi syarat calon Pasangan Bahdin Noor Tanjung-Edi Polo Sitanggang (Abadi) masih belum memenuhi syarat.

Rapat pleno yang dipimpin Ketua KPU Khalid Walid di Rumah Pintar Pemilu (RPP) Jalan S Parman Sibolga itu juga dihadiri keempat komisioner, masing-masing Salmon Tambunan, Asa Dame Simanjuntak, Afwan Nasution dan Asmar Harahap.

Juga dihadiri Bapaslon Bahdin Noor Tanjung-Edi Polo Sitanggang, para ketua atau perwakilan partai pendukung, Ketua Bawaslu Sibolga serta Kapolres.

Ketua KPU Khalid Walid saat membuka rapat pleno menyampaikan, sesuai PKPU nomor 5 tahun 2020, karena adanya bencana non yang tidak bisa dihindari, maka sesuai PKPU nomor 6 tahun 2020, setiap tahapan pelaksanaan kegiatan harus sesuai dengan protokol kesehatan penanganan Covid-19.

“Maka hari ini digelar rapat pleno terbuka pemberitahuan hasil verifikasi syarat calon Bakal Pasangan Calon Walikota dan Wakil Walikota Sibolga tahun 2020 untuk Bapaslon Bahdin Noor Tanjung-Edi Polo Sitanggang, dengan ini resmi dibuka,” jelasnya.

Sementara itu anggota KPU Sibolga Divisi Teknis Penyelenggara Salmon Tambunan saat menyampaikan hasil penelitian berkas Bapaslon Bahdin Noor Tanjung-Edi Polo Sitanggang mengatakan bahwa KPU sudah melaksanakan tahapan-tahapan yang tertunda.

“Untuk pemeriksaaan kesehatan sudah dilaksanakan pada 21 September lalu, verifikasi syarat calon dilaksanakan 23 September dan hari ini disampaikan hasil pemeriksaan berkas dari Bapaslon setelah meneliti berkas-berkas yang telah diajukan. Kemudian melakukan klarifikasi ke sekolah-sekolah yang menamatkan Bapaslon serta telah mengisi formulir persyaratan Bapaslon, maka pasangan Bahdin Noor Tanjung-Edi Polo Sitanggang, masih belum memenuhi syarat dan masih diberikan kesempatan untuk memperbaiki berkas-berkas tersebut,” jelas Salmon.

Usai pengumuman hasil verifikasi, Ketua KPU beserta keempat komisioner menandatangani berita acara hasil rapat pleno terbuka pemberitahuan hasil verifikasi syarat calon Bakal Pasangan Calon Walikota dan Wakil Walikota Sibolga tahun 2020 dan menyerahkannya kepada pasangan Bahdin Noor Tanjung-Edi Polo Sitanggang, perwakilan partai pendukung dan kepada Bawaslu Sibolga.

Sementara itu Bahdin Noor Tanjung dalam sambutannya menyampaikan rasa terima kasih kepada KPU Sibolga yang sudah bekerja secara maksimal ditengah-tengah adanya pandemi Covid 19.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada KPU Sibolga yang telah bekerja keras untuk memberi kesempatan pada semua bapaslon untuk ikut pilkada sibolga tahun 2020. Terima kasih juga kami sampaikan atas verifikasi yang telah dilaksanakan ke sekolah-sekolah sesuai ijazah para bapaslon,” jelasnya.

Lanjut dia, memang saat ini masih ada kekurangan berkas pasangan Bahdin Noor Tanjung-Edi Polo Sitanggang, mudah mudahan pada penetapan nanti semua berkas-berkas yang masih kurang tersebut sudah memenuhi syarat.

“Marilah kita jadikan pilkada sebagai upaya untuk memajukan Kota Sibolga,” terangnya. (mis)





Back to top button