Berita

KPU Sibolga Gelar Sosialisasi Tatap Muka dengan Jurnalis

FaseBerita.ID – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Sibolga, menggelar sosialisasi tatap muka dengan para jurnalis media cetak, online dan media elektronik untuk tahapan lanjutan pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Sibolga tahun 2020. Kegiatan dilangsungkan pada Kamis (13/8) di Rumah Makan Thamrin.

Sosialisasi diikuti sekira 30-an jurnalus dari berbagai media cetak, online dan jurnalis media elektronik, yang dipandu oleh Komisioner KPU Afwan Nasution dan dibuka oleh Ketua KPU Sibolga Khalid Walid. Pada sosialisasi itu sekaligus diberikan paparan tentang lanjutan pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Sibolga tahun 2020. Selanjutnya kegiatan diakhiri dengan sesi tanya jawab.

Ketua KPU Sibolga Khalid Walid dalam paparannya menyampaikan bahwa pilkada serentak yang dilaksanakan tahun 2020 ini diikuti sekitar 270 daerah di Indonesia, dengan rincian sebanyak 9 provinsi dan 261 kabupaten-kota seluruh Indonesia. Hal ini sesuai keputusan KPU tanggal 21 Maret 2020 No 179/pl.02-kpt/01/kpu/III/2020 tentang Penundaan Pilkada Tahun 2020.

“Dasar hukum pelaksanaan lanjutan pilkada serentak tahun 2020, Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-undang Nomor 2 Tahun 2020 dan PKPU No. 5 tahun 2020 perubahan ketiga PKPU sebelumnya, sehingga dilaksanakan pilkada serentak tanggal 9 Desember 2020,” jelas Ketua KPU Sibolga.

Menurut dia, tahapan pelaksanaan pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Sibolga terbagi dalam dua tahapan. Pertama tahapan persiapan, kedua tahapan pelaksanaan yang keseluruhan anggaran tersebut berasal dari APBN.

“Merubah anggaran untuk suatu kegiatan itu tidak semudah membalik telapak tangan. Sehingga setiap divisi, termasuk divisi sosialisasi, harus bisa mengoptimalkan kegiatan, terutama untuk sosialisasi dalam upaya meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pilkada serentak ini,” tegas Khalid Walid.

Sementara itu Divisi Sosialisasi, Partisipasi Masyarakat dan SDM, Afwan Nasution menyampaikan bahwa anggaran KPU Sibolga sangat terbatas dan paling sedikit di Indonesia dan di Sumatera Utara sebesar Rp9,4 miliar.

“Walaupun sedikit, kita akan upayakan dengan anggaran yang terbatas bisa menjalankan tahapan dengan baik. Termasuk sosialisasi dengan para rekan-rekan jurnalis. Oleh karena itu, hendaknya niat baik ini dapat berjalan baik, minimal sekali sebulan dilaksanakan dengan para jurnalis. Sehingga diharapkan hubungan baik antara KPU Sibolga dengan para jurnalis tetap terjalin dengan baik,” jelasnya. (mis)



Pascasarjana

Unefa
Back to top button