Berita

KPU Siantar Sosialisasi Tahapan dan Syarat Calon Perseorangan

SIANTAR, FaseBerita.ID – KPU Siantar melakukan sosialisasi tahapan, program dan jadwal penyelenggaraan pemilihan Walikota dan Wakil Walikota tahun 2020 perihal perubahan atas pengumuman penyerahan dokumen syarat dukungan bakal pasangan calon perseorangan, yang diselenggarakan di Hotel Sapadia, Senin (9/12).

Sosialisasi ini dihadiri Forkopimda, Bawaslu, organisasi pemuda dan organisasi mahasiswa serta stakeholder. Mereka diimbau agar membantu masyarakat memberikan tentang pencerahan pemilu tahun ini.

Ketua KPU Siantar Daniel Dolok Sibarani mengatakan, berdasarkan ketentuan Pasal 12 peraturan KPU nomor 15 tahun 2017 tentang perubahan atas peraturan KPU nomor 3 tahun 2017 tentang pencalonan pemilihan kepala daerah serta peraturan KPU RI nomor 16 tahun 2019 tentang perubahan atas peraturan KPU nomor 15 tahun 2019 tentang tahapan, program dan jadwal penyelenggaraan pemilihan kepala daerah.

“Untuk persiapannya, sesuai program kita telah menyampaikan tahapan kepada para calon walikota dan wakil walikota,” ujarnya.

Saat disinggung soal jadwal penetapan dan pelaksanaan bagi para calon sudah sampai di mana, Daniel mengatakan kalau sesuai undang-undang itu menggunakan dua jalur.

“Untuk calon walikota dan wakil walikota sesuai undang-undang itu menggunakan dua jalur. Yang pertama jalur perseorangan dan jalur partai politik. Untuk calon perseorangan penyerahan berkas di tanggal 19-23 Februari 2020, untuk calon dari partai politik penyerahan berkas tanggal 16-18 juni 2020,” ujarnya.

Daniel menambahkan untuk calon perseorangan karena telah menggunakan sistem pencalonan bahwa untuk calon perseorangan harus menyiapkan operator yang bertugas untuk mengimput data-data dukungan yang harus diserahkan ke KPU di lengkapi dengan berkas hardcopi formulir B.1-KWK.

“Adapun harapan kita dari KPU kepada calon perseorangan agar secepatnya mendaftar calon operatornya ke KPU. Memang penyerahan berkas di tanggal 19-23 Februari 2020. Tetapi sebelumnya harus sudah menginput data-data dukungan untuk calon perseorangan tersebut. Kemungkinan simulasi yang akan kita lakukan itu per-hari operator itu bisa menginput 200-250 data dukungan. Untuk Siantar jumlah minimal dukungan bakal pasangan calon perseorangan 17.910 ini harus dilakukan secara bertahap,” ujarnya.

Saat disinggung apakah sampai hari ini sudah ada dari calon perseorangan mengirimkan operatornya ke KPU dan kapan akan dilakukan bimbingan kepada operator perseorangan, Daniel mengatakan bahwa sampai sekarang pihaknya sudah membuka halpdes upaya KPU memfasilitasi jika ada pertanyaan dari calon perseorangan.

“Sejauh ini belum ada dari calon perseorangan mengirimkan operatornya. Tetapi yang berkonsultasi sudah ada. Tetapi untuk mengutus mandat secara resmi belum ada. Sesudah calon perseorangan sudah memberikan mandat kepada operator nya kita kumpulkan dan langsung kita berikan bimbingan teknis kepada operator yang di utus untuk calon perseorangan,” tutupnya. (Mag 04)

Unefa

Pascasarjana


Tags
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker
Close