Berita

KPU Paluta Terima Surat Suara Pilpres

PALUTA, FaseBerita.ID – Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Padang Lawas Utara (Paluta) kembali menerima logistik berupa surat suara untuk Pemilu 2019, Rabu (27/3).

Kali ini, logistik yang diterima berupa surat suara untuk pemilihan presiden dan wakil presiden serta surat suara untuk DPD RI pada Pemilu 2019.

Ketua KPU Paluta Ongkusyah Harahap SH melalui Koordinator divisi Sosdiklih, SDM dan Parmas Muhammad Nafsir Rambe SPd membenarkan bahwa pihaknya logistik surat suara untuk Pilpres dan surat suara untuk DPD RI dapil Sumatera Utara.

Dikatakannya, pengiriman surat suara tersebut dikawal oleh pihak personil kepolisian dari kepolisian daerah Sumatera Utara dan saat pemindahannya juga mendapat pengawalan dari pihak Polsek Padang Bolak serta pihak Bawaslu Paluta.

“Bersama pihak kepolisian dan Bawaslu Paluta, kami memastikan logistik yang diterima masih utuh dan tersegel dengan baik,” katanya.

Baca: KPU Tapteng Temukan 640 Lembar Surat Suara Rusak

Dijelaskannya, surat suara yang diterima tersebut berupa surat suara untuk Pilpres sebanyak 157.857 lembar yang terbungkus didalam 79 boks dan surat suara untuk pemilihan DPD RI sebanyak 157.857 lembar yang dibungkus dalam 316 boks serta diangkut satu truk kontainer.

“Jumlah surat suaranya sama, namun jumlah boks untuk surat suara Presiden lebih sedikit karena satu dos surat suara Presiden berisi 2000 surat suara, sementara surat suara DPD, DPR RI satu dos berisi 500 surat suara,” kata Nafsir.

Nafsir menambahkan, surat suara tersebut disimpan didalam gudang logistik KPU Paluta dalam keadaan terkunci dan dijaga oleh pihak kepolisian hingga nantinya akan dilaksanakan proses pelipatan surat suara tersebut.

Sebelumnya, pihaknya juga sudah menerima logistik dan surat suara untuk DPR RI, DPRD Provinsi Sumut dan DPRD kabupaten Paluta beberapa waktu lalu.

Senada, komisioner Bawaslu Paluta Koordinator Divisi Pengawasan dan Hubungan Antar Lembaga Musmuliadi Siregar membenarkan bahwa pihaknya turut melakukan penerimaan dan pemindahan surat suara untuk Pilpres dan DPD RI tersebut.

Dan saat penerimaan, surat suara masih dalam keadan tersegel didalam boks yang diangkut satu truk kontainer.

Pantauan, pengangkutan surat suara tersebut dikawal oleh personil kepolisian dari Polda Sumatera Utara dan penerimaannya disaksikan oleh Wakapolsek Padang Bolak Iptu Nanang Arief dan Kanit Intelkam Polsek Padang Bolak Bripka Edi Siregar SSos bersama komisioner Bawaslu Paluta Koordinator Divisi Pengawasan dan Hubungan Antar Lembaga Musmuliadi Siregar. Pemindahan logistik juga berlangsung lancar dan aman. (ais)



Pascasarjana

Unefa
Back to top button