Berita

KPU Luncurkan Pilkada Labura dan Asahan 2020

Pilihan Boleh Beda, Tapi Jangan Tak Memilih

LABURA, FaseBerita.ID – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Labura meluncurkan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati di Kabupaten Labuhanbatu Utara (Labura) tahun 2020  yang berlangsung di Lapangan Bhayangkara Polri Kualuh Hulu Aek Kanopan, Sabtu (21/12).

Laounching penyelenggaraan pemilihan bupati dan wakil bupati tahun 2020 yang dihadiri langsung Bupati Labura H Kharuddin Syah, kepala SKPD Labura, KPU Provinsi Sumut Ira Hartati, Ketua dan anggota DPRD Labura, Bawaslu Labura, sejumlah komisioner KPU dari berbagai daerah di Provinsi Sumatera Utara (Sumut), kepolisian, TNI, Kejari Labuhanbatu, serta elemen masyarakat ini.

Lima Komisioner KPU Labura tampil dengan memakai pakaian adat istiadat melalui Ketua KPU Labura Heriamsyah Simanjuntak SHi, mengatakan KPU Labura menerima piagam penghargaan terbaik se-Sumut hal ini berkat kerja sama KPU Labura dengan Pemerintah Daerah (Pemda), Dandim, Kapolres dan semua unsur Forkopimda. Namun kami tidak berbesar hati dengan penghargaan itu, menurut kami masih banyak kekurangan atau ketidak lengkapan dalam melaksanakan pemilu tahun 2019 lalu kekurangan itu tentu kami mengucapkan berterima kasih banyak kepada seluruh lapisan masyarakat, tokoh agama, tokoh masyarakat, dan seluruh organisasi berkat itu semua pemilu 2019 lalu berjalan dengan baik.

Ketua KPU Labura Heriamsyah Simanjuntak berharap, kedepan ada beberapa rangkaian tahapan yang dilaksanakan mulai dari perencanaan, penyelenggaraan dan pelaporan, terhadap penyelenggaraan berharap kepada semua pihak dan seluruh lapisan masyarakat tentunya tidak terlepas kerja sama Forkopimda dan agar dibantu mensukseskan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Labura di tahun 2020.

Sementara itu ketua DPRD Labura Drs Ali Tambunan dalam arahan menyinggung ketidakhadiran tiga komisioner Bawaslu Labura. Namun Bupati Labura H Kharuddin Syah menyampaikan, berdasarkan keterangan ketua KPU Labura Komisioner Bawaslu Labura lagi ada acara di Medan di Bawaslu Provinsi Sumut.

Dikatakan H Buyung sapaan H Kharuddin Syah, pemda mendukung sepenuhnya pemilihan bupati dan wakil bupati tahun 2020, laounching ini menjadi pendidikan politik agar masyarakat mengetahui Pilkada 9 bulan lagi yang di helat pada 23 September 2020, yang mana partisipasi pemilih cukup tinggi di Labura. Pilkada ini sebagai sarana demokrasi, sebelum menggunakan hak pilihnya agar masyarakat mengenali calonnya, visi dan misinya,
“Pilihan boleh beda, yang tidak boleh tidak menggunakan hak pilihnya. Mari menghindari kekerasan dalam pilkada,TNI,Polri,PNS agar bersikap netral  agar pilkada berjalan dengan baik, lancar dan sukses,” ucap bupati.

KPU Launching Pilkada Asahan 2020

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Asahan secara resmi melaunching Pilakada Bupati dan Wakil Bupati Asahan serentak 2020 di kompleks Hutan Kota Kisaran bertepatan dengan car free day, Minggu (22/12) pagi.

Acara itu dihadiri oleh Bupati Asahan, H Surya, DPRD, KPU Sumut dan unsur forkopimda lainnya ditandai dengan pemukulan gong pertanda tahapan pelaksanaan pesta demokrasi untuk memilih bupati dan wakil bupati Asahan segera dan siap dilaksanakan.

“Dengan dilaunchingnya Pilkada hari ini, seluruh tahapan sudah siap digelar. KPU mengajak seluruh stakeholder termasuk masyarakat Asahan untuk mensukseskan perhelatan demokrasi ini, ” kata Hidayat, ketua KPU Asahan.

Saat ini, lanjut Hidayat KPU Asahan menargetkan angka partisipasi pemilih pada Pilkada Asahan 2020 diangkat persentase 70 hingga 80 persen. Untuk itu, pihaknya akan terus mengoptimalkan sosialisasi dalan rangka meningkatkan peran partisipasi masyarakat semua kalangan untuk mensukseskan Pemilu.

“Olehkarena itu, jika seluruh pihak bisa kami ajak bekerjasama dalam rangka mensukseskan Pilkada Asahan ini kami yakin angka partisipasi pemilih pada Pilkada Asahan 2020 bisa diatas 70 persen bahkan 80 persen,” katanya sembari mengharapkan Pemilu akan berjalan dengan jujur, adil dan berintegritas.

Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Asahan Khomaidi Hambali Siambaton bernada sama. Ia mengharapkan masyarakat Kabupaten Asahan untuk bersuka cita menghadapi kontestasi Pilkada ini dengan peran serta pengawan yang tidak hanya mengandalkan anggota bawaslu di lapangan.

“Masyarakat juga bisa ikut dan berperan aktif dalam rangka mengawasi penyelenggaraan Pemilu. Tentu saja dalam Pilkada kali ini kita mengaharapkan penyelenggarannya berjalan lancar dan meminimalkan potensi pelanggaran yang ada,” kata Khomaidi.

Mewakili Ketua KPU Sumut, Yulhasni mengucapkan terimakasih kepada Pemkab Asahan dan DPRD yang telah memberikan dukungan kepada KPU Asahan. Semoga dengan dukungan yang diberikan partisipasi masyarakat untuk memilih bisa lebih baik.

Dalam kesempatan itu, Bupati Asahan, H Surya Bsc mengucapkan terimakasih kepada KPU Asahan berserta jajaran yang telah bekerja keras menjalankan tahapan. Diharapkan seluruh penyelenggara bisa bekerja sesuai peraturan dan dapat mempedomani ketentuan.

“Mari kita jaga bersama sama ketentraman dan keamanan agar pilkada Asahan bisa berjalan dengan aman dan baik,” ungkap Surya,sembari mengucapakan selamat bekerja. (per/st/rah)



Unefa

Pascasarjana
Tags
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker