Berita

KPU dan Bawaslu Madina Sosialisasi Pelaksanaan Pilkada

FaseBerita.ID – Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Bawaslu Kabupaten Mandailing Natal (Madina) mensosialisasikan tata cara pelaksanaan tahapan Pilkada 2020 di tengah pandemi Covid-19, di Aula Polres Madina, Senin (20/7) pagi.

Ketua KPU Madina Fadhillah Syarief dan Ketua Bawaslu Madina Joko Arief Budiono menjadi narasumber di dalam kegiatan yang dilaksanakan oleh Polres Madina tersebut.

Turut hadir Ketua KPU Madina Fadhillah Syarief dan Komisioner KPU Madina Divisi Hukum Hukum dan Pengawasan Muhammad Yasir Nasution. Sementara dari Bawaslu Madina hadir Ketua Bawaslu Madina Joko Arief Budiono dan Koordinator Divisi Penanganan Pelanggaran Ali Aga.

Selanjutnya, hadir Kapolres Madina AKBP Horas Tua Silalahi, Kabag Ops, para Kasat se fungsionaris Polres Madina beserta Kapolsek sejajaran dan para perwira juga Staf lainnya.

Ketua KPU Madina Fadhillah Syarief dalam kegiatan itu memaparkan dan mensosialisasikan tata cara dan tahapan penyelenggaraan Pilkada di tengah Pandemi Covid-19, sesuai dengan PKPU No 5 Tahun 2020.

“Materi yang kita paparkan tadi terkait tahapan penyelenggaraan Pilkada sesuai dengan PKPU No 5 Tahun 2020,” kata Ketua KPU Fadhillah Syarief, Senin, usai kegiatan sosialisasi.

Ia menjelaskan KPU Madina pada saat ini sedang memasuki tahapan proses pemutakhiran data pemilih. Tahapan ini nantinya akan berlangsung sampai tanggal 13 Agustus 2020.

“Tahapan saat ini KPU Madina masuk pada proses pemutakhiran data pemilih. Kita juga jelaskan sudah sejauh mana proses tahapan yang kita lalui dan bagaimana kondisi serta kelanjutan ke depannya,” terangnya.

Ia pun mengharapkan agar semuanya dapat bersinergi dalam mensukseskan penyelenggaran pemilihan Kepala Daerah khususnya di Kabupaten Mandailing Natal.

“Pada prinsipnya kita ingin tetap bersinergi antara KPU dan Bawasu dan Unsur Forkopimda lainnya, baik itu TNI-Polri juga pemerintah daerah. Untuk sama-sama punya visi yang sama mensukseskan penyelenggaraan pemilihan Kepala Daerah ini,” harap Fadhillah.

Sementara, Ketua Bawaslu Madina Joko Arief Budiono menyampaikan hal-hal mengenai prosedur penanganan pelanggaran pemilihan dan prosedur penyelesaian perkara Pidana pemilu di Sentra Gakumdu serta Penyelesaian Sengketa Pemilihan.

Joko menyebut dalam penerapannya pihaknya tetap akan melakukan sesuai dengan penyesuaian protokol Covid-19. Dan juga berdasarkan Perbawaslu No 04 Tahun 2020.

“Kegiatan Bawaslu dalam tahapan penyelenggaraan Pilkada tentu saja akan berjalan linear mengiringi tahapan Pilkada yang dilaksanakan oleh KPU Madina berdasarkan PKPU No 5 Tahun 2020,” kata Joko.

Kemudian ia juga berharap komunikasi diantara Stakeholder Pilkada dapat lebih intensif dilaksanakan. Hal itu demi kelancaran dan kekondusifan wilayah dalam pelaksanaan Pilkada di tahun 2020 ini. (Mag 01)



Pascasarjana

Unefa
Back to top button