Berita

KPU Buka Pendaftaran Anggota KPPS, Ini Syarat-syaratnya…

SIDIMPUAN, FaseBerita.ID – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Padangsidimpuan membuka Pendaftaran Anggota Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) untuk Pemilihan Umum (Pemilu) 2019.

Anggota KPPS ini akan bertugas di 698 TPS atau 79 kelurahan/desa yang ada di Kota Padangsidimpuan.

Divisi Teknis Penyelenggaran Fadlyka Himmah Syahputera Harahap SE I ME, kepada Harian Metro Tabagsel, Minggu (3/3), mengatakan, warga yang memenuhi persyaratan dapat mendaftarkan diri ke Panitia Pemungutan Suara (PPS) Kelurahan/Desa.

“Mari menjadi bagian kesuksesan Pemilu Serentak (Pilpres dan Pileg, red) yang pertama kali digelar di Indonesia,” kata Divisi Teknis Penyelenggaran KPU Kota Padangsidimpuan.

Persyaratan sebagai anggota KPPS, kata Fadlyka. Warga Negara Indonesia (WNI), berusia paling rendah 17 tahun, Setia Kepada Pancasila sebagai Dasar Negara Kesatuan Republik Indonesia, Bhinneka Tunggal Ika dan Cita-cita Proklamasi 17 Agustus 1945.

Kemudian, mempunyai integritas, pribadi yang kuat, jujur dan adil. Tidak menjadi anggota Partai Politik yang dinyatakan dengan Surat Pernyataan yang sah atau paling singkat 5 tahun tidak lagi menjadi anggota Partai Politik yang dibuktikan dengan Surat Keterangan dari Pengurus Partai Politik yang bersangkutan. Berdomisili dalam wilayah kerja PPK, PPS, dan KPPS.

Bebas dari penyalahgunaan Narkotika dan mampu secara jasmani dan rohani. Berpendidikan paling rendah sekolah menengah atas atau sederajat. Tidak pernah dipidana penjara berdasarkan putusan pengadilan yang telah memperoleh kekuatan hokum tetap karena melakukan tindak pidana yang diancam dengan pidana penjara 5 tahun atau lebih.

Tidak dijatuhi sanksi pemberhentiantetap oleh KPU/KIP Kabupaten/Kota atau Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu. Belum pernah menjabat 2 kali dalam jabatan yang sama sebagai anggota PPK, PPS dan KPPS. Tidak berada dalam ikatan perkawinan dengan sesama penyelenggara pemilu. Tidak pernah menjadi Tim Kampanye salah satu Pasangan Calon dalam Pemilihan Umum, Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati atau Walikota dan Wakil Walikota, serta mampu secara jasmani dan rohani.

“Itu persyaratan yang harus dipenuhi oleh setiap calon yang hendak mendaftarkan diri sebagai Anggota KPPS,” tuturnya.

Lebih lanjut, Fadlyka menjelaskan dokumen persyaratan itu dibuat dalam bentuk surat pernyataan untuk setiap dokumen yang dilengkapi.

“Dokumen berkas dibuat dalam 2 rangkap, 1 rangkap dokumen asli yang diserahkan kepada PPS, dan 1 dokumen Salinan sebagai arsip KPPS. Kelengkapan dokumen diantar langsung ke Sekretariat PPS di Kelurahan/Desa masing-masing. Untuk informasi lebih lanjut dapat melihat pengumuman atau bertanya ke PPS setempat serta mengunduh persyaratannya di jdih.kpu.go.id,” pungkasnya. (bsl)



Pascasarjana

Unefa
Back to top button