Berita

KPU Asahan Siap Jalankan Kembali Tahapan Pilkada 2020

FaseBerita.ID – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Asahan menunggu petunjuk resmi dari KPU Pusat dengan keluarnya PKPU untuk mengaktifkan kembali pantia ad hoc tingkat kecamatan hingga kelurahan desa mengingat adanya sinyal pelaksanaan Pilkada serentak 2020 akan dilaksanakan pada tanggal 9 Desember 2020 mendatang.

“Sampai sejauh ini, KPU Asahan masih menunggu diterbitkannya PKPU terkait tahapan, program dan jadwal pilkada serentak pasca penundaan akibat Covid-19,” kata Hidayat kepada wartawan, Selasa (2/6).

Saat ini, lebih jauh kata Hidayat pihaknya hanya bisa menunggu petunjuk resmi dan siap melaksanakan perintah sebagaimana ketentuan yang nanti bakal disampaikan, termasuk kata dia pelantikan Panitia Pemungutan Suara (PPS) yang sempat tertunda.

“KPU Asahan juga sedang melakukan kordinasi dengan PPK di 25 kecamatan apakah ada calon anggota PPS terpilih sudah tidak memenuhi syarat sebelum diterbitkannya SK dan dilantik,” ucapnya.

Ia menambahkan, apabila PKPU tersebut sudah keluar maka segala persiapan teknis akan segera dilakukan petugas penyelenggara akan kembali bekerja sesuai dengan tahapannya.

Sementara itu, Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Asahan, Khomaidi Hambali Siambaton, belum bisa memastikan apakah Pengawas Kecamatan dan Pengawas Kelurahan yang telah terbentuk akan dievaluasi atau diaktifkan kembali.

Pihaknya juga masih menunggu petunjuk dan keputusan resmi dari BAWASLU RI. “Belum pasti. Kita masih menunggu petunjuk resminya dari BAWASLU RI. Mungkin, setelah (keputusan) KPU keluar dulu, baru kita (Bawaslu),” pungkasnya.

Sebelumnya, KPU Asahan telah melantik 75 anggota PPK untuk 25 kecamatan dan 612 anggota PPS untuk 204 kelurahan/desa. Sebagaimana diketahui, Pilkada serentak yang seyogianya akan diselenggarakan pada 9 September tertunda akibat pandemi Covid-19. (per)

Unefa

Pascasarjana

Tags

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker
Close