Berita

KPP Pratama Padangsidimpuan Gelar Pekan Panutan

SIDIMPUAN, FaseBerita.ID – KPP Pratama Padangsidimpuan melaksanakan kegiatan Pekan Pantauan Penyampaian SPT Tahunan PPh Orang Pribadi, di Aula Kantor Sekretariat Daerah Pemko Psp, Rabu (27/2) lalu.

Hadir Walikota Psp, Irsan Efendi Nasution SH, Kepala KPP Pratama Padangsidimpuan Sri Mulyono, Ketua DPRD Hj Taty Ariyani Tambunan SH, Kapolres Psp AKBP Hilman Wijaya SIK, mewakili Dandim 0212 TS, Mewakili Kejaksaan. Jajaran OPD dan Pejabat Struktural Pemko Psp.

Berdasarkan data BPS tentang Kota Padangsidimpuan Dalam Angka Tahun 2018 terdapat 47.713 Kepala Keluarga di Kota Padangsidimpuan. Sedangkan Jumlah NPWP OP terdaftar sebanyak 35.410 yang berarti Tax Coverage Ratio (TCR) mencapai 74,21 persen.

TCR Kota Padangsidimpuan cukup baik disbanding dengan rata-rata TCR di wilayah Tapanuli Bagian Selatan, yaitu 35,46 persen. Tax Coverage Ratio adalah perbandingan antara besarnya pajak yang telah dipungut dibandingkan dengan besarnya potensi pajak yang seharusnya dapat dipungut.

Namun demikian, TCR yang cukup tinggi belum diikuti dengan pemenuhan kewajiban perpajakan yang optimal. Dari 35.410 Wajib Pajak Orang Pribadi tersebut, hanya 10.764 atau 30,4 persen Wajib Pajak yang melaporkan Surat Pemberitahuan (SPT) tahunan Pajak Penghasilan (PPh) OP di tahun 2018.

Sepanjang tahun 2018, KPP Pratama Padang Sidimpuan juga te3lah menerbitkan 2.705 Surat Tagihan Pajak (STP) kepada Wajib Pajak Orang Pribadi yang terdaftar dan berdomisili di Kota Padangsidimpuan, karena sebagian besar merupakan tagihan atas denda administrasi terkait penyampaian SPT.

Sehubungan dengan itu, KPP Pratama Kota Padangsidimpuan bekerjasama dengan Pemerintah Kota Padangsidimpuan melakukan kegiatan publikasi pemenuhan kewajiban penyampaian SPT tahunan yang dilakukan oleh Pimpinan Daerah untuk dijadikan panutan sekaligus pengingat bagi masyarakat di Kota Padangsidimpuan untuk menyampaikan SPT Tahunan.

Hal itu sebagai upaya meningkatkan kepatuhan kewajiban perpajakan di Kota Padangsidimpuan khususnya terkait dengan pemenuhan kewajiban pelaporan SPT tahunan PPh Orang Pribadi di tahun 2019.

Dalam kegiatan tersebut, Kepala Kantor Pelayanan Pajak Pratama Padangsidimpuan Sri Mulyono, memaparkan terkait dengan Peran PPh bagi Pembangunan Daerah. PPh merupakan salah satu komponen pajak pusat yang dibagihasilkan ke daerah sehingga peningkatan pajak penghasilan khususnya PPh Orang Pribadi dan PPh 21 memberikan dampak positif pada anggaran pembangunan daerah.

Di tahun 2019 ini, katanya, Kota Padangsidimpuan menerima Dana Bagi Hasil sejumlah Rp20,12 miliar dimana Rp9,01 miliar (45 persen, red) di antaranya berasal dari Alokasi Bagi Hasil Pajak Penghasilan.

“Dengan acara ini diharapkan pemimpin di wilayah Kota Padangsidimpuan dapat menjadi panutan masyarakat untuk menyebarluaskan kesadaran dan pemahaman tentang pentingnya melaporkan pajak serta menjadi pembayar pajak yang penuh tanggungjawab. Sehingga mendorong pembangunan Kota Padangsidimpuan,” paparnya. (bsl)



Pascasarjana

Unefa
Back to top button