Berita

Komisioner KPU Madina Terdaftar BPJS Ketenagakerjaan

MADINA, FaseBerita.ID – BPJS Ketenagakerjaan memiliki berbagai program jaminan sosial ketenagakerjaan, di antaranya program Jaminan Hari Tua (JHT), Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), Jaminan Kematian (JKM), dan Jaminan Pensiun (JP).

Untuk itu komisioner Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Mandailing Natal telah terdaftar dan terlindungi sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan.

Belum lama ini, Fadli Kurniawan Kepala BPJS Ketenagakerjaan KCP Mandailing Natal Panyabungan mengatakan, langkah tersebut merupakan upaya awal BPJS Ketenagakerjaan dalam melindungi seluruh petugas Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) yang diawali dengan terdaftar nya para komisioner KPU dalam program BPJS Ketenagakerjaan di wilayah Kabupaten Mandailing Natal.

Fadli menjelaskan, ada 4 program yang bisa diikuti anggota KPU, yakni mulai dari program Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) , Jaminan Kematian (JKM) , Jaminan Hari Tua?(JHT), dan Jaminan Pensiun (JP). Selain Manfaat biaya perawatan dan pengobatan ditanggung hingga sembuh dan santuan kematian apabila meninggal dunia, anggota KPU juga nantinya berhak memperoleh tabungan Jaminan Hari Tua yang bisa didapatkan setelah petugas KPU berhenti bekerja.

Apabila meninggal dunia diluar hubungan kerja, maka ahli warisnya akan mendapat santunan minimal sebesar Rp24 juta. Sedangkan jika meninggal dunia karena hubungan pekerjaan maka ahli waris berhak atas santunan sebesar 48 kali upah.

Sementara itu, Ketua komisi Pemilihan Umum Fadhillah Syarief mendukung untuk terdaftarnya seluruh anggota KPU dan jajaranya baik ditingkat kecamatan(PPK) maupun di tingkat desa / kelurahan (PPS). Pasalnya tugas yang diemban KPU dan jajaranyatersebut cukup berat dan kompleks. Bahkan juga rawan kecelakaan.

“Keikutsertaan anggota kami ke BPJS Ketenagakerjaan merupakan inisiatif kami dalam memperhatikan kesejahteraan petugas agar lebihtenang bertugas menjalankan pesta demokrasi di Indonesia khususnya di Madina,” sebutnya.

“Kedepan kami bersama BPJS Ketenagakerjaan akan melakukan sosialisasi kepada seluruh anggota dan jajaran di KPU wilayah Mandailing Natal tentang manfaat program jaminan sosial ketenagakerjaan yang selanjutnya untuk segera mendaftarkan di BPJS Ketenagakerjaan,” pungkasnya. (san)



Pascasarjana

Unefa
Back to top button