Berita

Kok, Galangan Kapal PT SPA Tidak Terdaftar?

FaseBerita.ID – PT SPA merupakan perusahaan yang bergerak di bidang perikanan di daerah Pondok Batu Sarudik Tapteng. Disamping itu, perusahaan tersebut juga memiliki usaha Galangan Kapal, yang beroperasi, juga dikompleks PT Putra Ali Sentosa (PAS), nama perusahaan tersebut sebelum beralih menjadi PT SPA.

Dari hasil penelusuran LSM Kupas Tumpas, ditemukan kejanggalan pada usaha galangan tersebut, yakni adanya dugaan pengemplangan pajak selama bertahun-tahun. Dimana, dari hasil investigasi yang dilakukan, usaha galangan kapal tersebut diduga tidak punya izin dari pemerintah daerah.

“Sebelumnya, kita tahu ada usaha Ggalangan kapal di kompleks PT SPA tersebut, dari pernyataan menajer lapangannya, sewaktu mediasi masalah buruh yang di-PHK tanpa pesangon, di kantor Dinas Sosial. Kita penasaran dengan galangan kapal tersebut, apakah benar telah punya izin atau belum. Setelah kita cek ke Dinas Perizinan Tapteng, ternyata benar, galangan kapal tersebut, tidak terdaftar. Berarti, pajaknya juga gak dibayar,” kata Parulian Sihotang, Ketua LSM Kupas Tumpas Sibolga-Tapteng, Senin (9/3).

Menurutnya, Pemkab Tapteng melalui Dinas Perizinan harus melakukan tindakan tegas terhadap PT SPA, yang berusaha tanpa legalitas. “Harus cepat diusut. Kalau terbukti, harus ditindak tegas. Sudah berapa kerugian negara. Izin usaha tidak diurus, pajak pun diduga tidak dibayar. Sementara, penghasilan perusahaan tetap jalan,” ketusnya.

Tak hanya itu, dalam waktu dekat, dirinya juga akan melaporkan hal tersebut ke penegak hukum. Agar menjadi pembelajaran bagi pengusaha lainnya.

“Kita akan laporkan ini. Karena kalau ini terbukti, ini sebuah kejahatan, penggelapan pajak. Hukum di negara ini jelas,” pungkasnya.

Terpisah, Erwin Marpaung, Kepala Dinas Perizinan Tapteng dalam keterangnnya membenarkan, kalau galangan kapal PT SPA tidak terdaftar. Bahkan, Erwin sempat bingung, setelah mengetahui ada usaha galangan kapal di kompleks PT SPA. “Dimana, gak tahu saya itu. Kalau galangan kapal di SPA, tidak ada terdaftar di sini,” kata Erwin di ruang kerjanya. (ts)

Unefa

Pascasarjana


Tags
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker