Berita

KKN Mahasiswa UNA Berakhir

BATUBARA, FaseBerita.ID – Sebanyak 518 mahasiswa Universitas Asahan (UNA) akhirnya menyelesaikan Kuliah Kerja Nyata Tematik & Terpadu yang diselenggarakan di dua kabupaten yakni Batubara dan Simalungun.

Pengakhiran masa KKN tersebut secara resmi ditutup oleh Rektor Universitas Asahan Prof Ir Ibnu Hajar Damanik M.Si melalui Wakil Rektor II Drs Zulkifli Simatupang MPd di kantor camat Sei Suka Kabupaten Batubara, Senin (4/3) lalu.

“KKN merupakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang diselenggarakan oleh mahasiswa. Diharapkan dapat dijadikan sebagai pengalaman mahasiswa dalam menerapkan ilmunya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” ujarnya.

Zulkifli juga menambahkan, penguatan pada potensi desa agar lebih aktif dilakukan dengan meningkatkan pendapatan dan pemenuhan kebutuhan hidup masyarakat melalui advokasi para mahasiswa.

“Kerjasama UNA dan pemerintah kecamatan dan desa, menjadi faktor pendukung penting kesuksesan KKN tersebut. Terimakasih atas bantuan dan kerjasama baik yang telah diberikan oleh pemerintah dan masyarakat atas penyelenggaraan KKN UNA Tahun 2019,” ujarnya.

Sementara itu, Sekretaris Camat Sei Suka Razali Husain yang memberikan sambutan mewakili Pemkab Batubara dan atas nama masyarakat mengucapkan terimakasih kepada Universitas Asahan atas Kuliah Kerja Nyata yang dilakukan melalui mahasiswa Universitas Asahan mampu mendorong cita-cita mereka dalam mewujudkan kesejahteraan masyarakat.

“Kami berharap di tahun depan UNA kembali ke Kabupaten Batubara ini dan menjadikan daerah kami sebagai lokasi KKN,” ujarnya.

Dikatakannya, partisipasi aktif warga dan pejabat pemerintah Kecamatan Sei Suka sangat dirasakan oleh para mahasiswa peserta KKN yang berkontribusi dalam pelaksanaan setiap program kerja KKN yang mereka rancang.

Dia berharap mahasiswa UNA mampu terus memberikan ilmunya kepada masyarakat. Tidak hanya sampai di kehidupan kampus saja. Namun bisa bersama-sama mengambil hal-hal positif kemudian diamalkan dalam kehidupan.

M Ridwan Arif, salah seorang mahasiswa yang menjadi peserta KKN turut menyampaikan kesan mewakili kawan-kawannya merasa sangat senang bisa ikut KKN yang terlaksana selama sebulan lamanya.

“Dengan peran aktif masyarakat terhadap kegiatan ini para peserta kegiatan merasa fungsi mereka sebagai agen of change berjalan dengan baik, transfer of knowledge yang dilakukan para peserta kegiatan mampu membawa perubahan baru dalam hal peningkatan ekonomi, pendidikan dan lain sebagainya. Sehingga terwujud public welfare sesuai dengan yang diharapkan oleh pemerintah setempat,” ucapnya. (Per)



Pascasarjana

Unefa
Back to top button