HUT RI
Berita

Kisaran Car Free Day Belum Dibuka Warga Berolahraga di Hutan Kota

FaseBerita.ID – Meski Kapolri telah mencabut maklumat terkait  surat edaran berkaitan dengan izin keramaian, aktivitas masyarakat di ruang-ruang publik terpantau normal termasuk animo masyarakat untuk menghabiskan waktu berolahraga di hari libur.

Salah satunya, bagi masyarakat Kota Kisaran Kabupaten Asahan memilih aktivitas olahraga di kawasan Hutan Kota Taufan Gama Simatupang, Minggu (5/7). Sedianya, kawasan ini merupakan pusat aktivitas publik masyarakat apalagi setiap hari Minggu diberlakukan car free day disepanjang jalan Sudirman Kisaran persis di depan kawasan hutan kota, markas Kodim 0208/AS, hingga kantor Bupati Asahan.

Walaupun telah ada pencabutan maklumat Kapolri terkait ijin keramaian, pantauan awak media car free day masih belum dibuka sejak ditutup pada pertengahan bulan Maret lalu. Meski demikian tak menyurutkan niat masyarakat untuk tetap berolahraga di kawasan ini walaupun terpantau kondisinya tidak ramai.

“Di sini, fasilitas sarana olahraganya tersedia. Ada jogingtrack, bisa lari dan bersepeda. Permainan umtuk anak-anak juga ada, jadi memang lebih milih berolahraga pagi disini dari pada ke tempat lain, ” kata Alvy (27) warga Kisaran Timur yang ditemui dikawasan Hutan Kota.

Kendati demikian, ia juga masih mengharapkan pemberlakuan untuk dibukanya sejumlah ruang publik yang ditutup seperti car free day dapat dibuka kembali, mengingat telah dicabutnya maklumat Kapolri terkait larangan izin keramaian.

“Harapannya, untuk car free day ini sudah bisa lah dibuka lagi. Jadi warga bisa beraktifitas dengan olahraga, disamping itu ekonomi masyarakat juga bisa tergerak tentunya dengan menerapkan prinsip protokol kesehatan, seperti tetap memakai masker saat beraktivitas,” kata dia.

Ia pun, menilai ketersediaan sarana kebersihan dan kesehatan masyarakat di ruang-ruang publik mesti jadi perhatian Pemkab Asahan, sebab beberapa tempat cuci tangan yang ada dikawasan alun-alun dan hutan kota kondisinya banyak yang tak baik.

“Tempat cuci tangan ada disediakan disini, namun air dan sabunnya tidak ada jadi tak bisa dipakai,” ucapnya. (per/rah)



Unefa

Pascasarjana
Tags
Back to top button