Berita

Ketua LL Dikti Sumut I Dian Armanto: Berbakti Kepada Orangtua, Kunci Sukses

Wisuda 625 Mahasiswa/I Universitas Efarina

SIMALUNGUN, FaseBerita.ID – Ketua Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LL Dikti)  Wilayah I Sumatera Utara, Prof Drs Dian Armanto MPd MA MSc PhD, mengingatkan seluruh wisudawan Universitas Efarina untuk selalu berbakti kepada orangtua. Karena sukses tidak jauh dari restu orangtua. Wisudawan/ti juga diminta untuk terus menerus meningkatkan ilmu pengetahuan, memanfaat teknologi serta berpikir kritis dan analis.

Hal tersebut disampaikan Dian Armanto saat  sambutan pada pelaksanaan wisuda 625 mahasiswa D3/Sarjana Universitas Efarina, Kamis (19/12/2019) di Auditorium Tn Johan Garingging, Hapoltakan, Pematang Raya, Kabupaten Simalungun.

Mewujudkan SDM unggul dan maju, lanjut Dian, dibutuhkan sumber daya yang bertanggung jawab, dan mampu memilih yang terbaik bagi dirinya.

Menurut Dian, ada 225 PTS yang tergabung dalam LL Dikti Wilayah I Sumut dan hanya 1 yang sudah akreditasi A. Sementara 3 PTS sudah ditutup dan dilarang beroperasi karena tidak memenuhi syarat menjadi universitas. Ketersediaan sarana prasarana, dosen, dan mahasiswa.

“Universitas Efarina merupakan salah satu yang terbaik di Simalungun. Sehingga diharapkan civitas untuk terus mempertimbangkan aspek-aspek yang dibutuhkan untuk meraih akreditas A. Terutama menyangkut dosen yang berstatus lektor kepala, doktor dan guru besar,”katanya.

Yayasan, lanjut Dian, ikut mendorong agar kualitas lulusan terus meningkat dengan mendukung langsung kegiatan kemahasiswaan, peningkatan SDM dosen, penelitian dan pembuatan jurnal secara berkesinambungan.

“Banyak hal yang harus dikerjakan di era revolusi industry ini. Kita hidup di era kelas belum tentu belajar, lulus belum tentu berkarya, tamat belum tentu kompeten dan arkreditasi belum tentu bermutu. Maka dibutuhkan kemampuan untuk beradaptasi dalam setiap perubahan,” katanya.

Para wisudawan/wisudawati.

Sementara Plt Rektor Universitas Efarina Dr Sondang Sidabutar SKM MKes dalam sambutannya mengucapkan selamat kepada 625 wisudawan/wisudawati yang berasal dari 4 Fakultas dan 14 program studi yang ada di Universitas Efarina.

Sondang berharap, para lulusan tidak langsung berpuas diri. Namun, terus berjuang memperbaharui pengetahuan hingga akhir hayat.

“Era 4G merupakan era dengan tantangan besar, sehingga dibutuhkan adaptasi melalui ilmu pengetahuan sesuai tingkat kebutuhan,”kata Sondang Sidabutar.

Dijelaskan Sondang Sidabutar, Unefa didirikan pendiri yakni Dr JR Saragih SH MM, untuk mendekatkan akses pendidikan kepada masyarakat Kabupaten Simalungun. Sehingga diharapkan warga Simalungun mendapatkan akses pendidikan yang lebih baik dan terjangkau.

Adapun rincian jumlah mahasiswa yang diwisuda yakni; D3 Kebidanan 21, D3 Analisis Kesehatan 8, S1 Farmasi 53, S1 Keperawatan 37, S1 IKM 30, D3 Radiodiagnotik dan Radioterapi 40, D3 Fisioterapi 3, S1 Manajemen 54, S1 Pendidikan Bahasa Indonesia 25, s1 PGSD 267, S1 Pendidikan Matematik 26, S1 Teknik Informatika 18, S1 Teknik Lingkungan 23, dan S1 Teknik Elektro 20.

Rektor Unefa, para wakil rektor, para dekan, serta undangan dari Forkopimda Simalungun.

Turut hadir dan menyampaikan kata sambutan mewakili Bupati Simalungun JR Saragih yakni Plh Sekda Misnon Simamora. Hadir juga mewakili Ephorus GKPS yang diwakili Praeses, yang mewakili Dandim 0207/Simalungun, Danrem 022/Pantai Timur, mewakili Kapolres Simalungun yakni Kapolsek Raya serta para orangtua, dan keluarga wisudawan.(esa)

 



Pascasarjana

Unefa
Back to top button