Berita

Ketua Bawaslu RI Abhan: Perangi Money Politik, Hoaks dan Politisasi SARA

Rakernis Panwascam se-Kabupaten Simalungun

SIMALUNGUN, FaseBerita.ID – Ketua Bawaslu Republik Indonesia Abhan mengajak seluruh jajaran untuk mengawasi tahapan pemilu yang sedang berlangsung. Berkomitmen teguh bersama memerangi money politic,  politisasi SARA dan hoax di media sosial.

Hal tersebut disampaikan dalam Rapat Kerja Teknis Peningkatan Kapasitas SDM Panwascam Se- Kabupaten Simalungun di Hotel Patra Comfort Parapat Kabupaten Simalungun. Acara ini berlangsung selama dua hari, Kamis-Jumat (5-6/3/2020).

Keterbatasan Sumber Daya Manusia (SDM) di beberapa Bawaslu Kabupaten/Kota bukan menjadi halangan mengawasi Pilkada Serentak 2020. Jajaran Sekretariat Bawaslu di daerah, juga turut membantu pengawasan, termasuk tahapan verifikasi faktual calon perseorangan.

“Awasi tahapan Pilkada dengan sebaiknya-baiknya. Keterbatasan SDM bisa melibatkan jajaran sekretariat di lingkungan Bawaslu,” kata Abhan, saat menjadi narasumber kegiatan Teknis Peningkatan Kapasitas SDM Panwaslu Kecamatan se Kabupaten Simalungun Tahun 2020, di Simalungun, Sumatera Utara, Kamis (5/3/2020).

Alumni Universitas Pekalongan (Unikal) ini menyarankan, jajaran yang akan diterjunkan dalam mengawasi verifikasi faktual harus diberikan surat tugas dan telah mendapatkan bimbingan teknis dalam memahami tugas dan kewajiban ketika di lapangan.

“Agar kehadiran jajaran Ad hoc merupakan pemecah masalah. Bukan pembuat masalah. Ini harus dipahami oleh semuanya,” ungkapnya.

Abhan menambahkan, kewenangan jajaran pengelenggara Ad hoc sangat kuat dan menentukan kelancaran pilkada. Mulai dari tingkat TPS, kelurahan/desa, dan kecamatan. Hal ini mengharuskan peningkatan  kinerja dan kapasitas petugas Ad hoc sebagai ujung tombak pengawasan Bawaslu.

”Lakukanlah pekerjaan kalian dengan sepenuh hati. Jaga integritas dan netralitas, sebagai penyelenggara pemilu,” tandasnya.

Rapat Kerja Teknis Peningkatan Kapasitas SDM Panwascam ini dibuka denbgan tarian Dihar dan Tortor Sombah sebagai penyambutan tamu kehormatan sesuai adat Simalungun. Ketua Bawaslu juga mendapat kehormatan dengan memakai pakaian adat Simalungun yakni gotong dan hiou.(rel/fi)

Unefa

Pascasarjana

Tags
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker
Close