Berita

Ketua Bapilu Nasdem Sumut Puji Visi Misi Jufriaman Saragih

SIMALUNGUN – Perebutan kursi Simalungun Satu pada 2020 semakin panas. Sejumlah partai politik melanjutkan tahapan. Menjaring fig terbaik untuk diusung.

Kemarin (5/11/2019), Partai NasDem menggelar agenda tahapan mereka. Mendengarkan visi misi bakal calon Bupati Simalungun, salahsatunya Jufriaman Saragih. Bertempat di Sapadia Hote, dan diselenggarakan oleh DPD dan DPW Partai Nasdem.

Ketua Bapilu NasDem Sumut Salman Ginting sempat memuji visi misi yang dipaparkan Jufriaman Saragih.

“Visi misi yang disampaikan Jufriaman Saragih sudah sangat bagus dan mewakili seluruh kepentingan dan kebutuhan masyarakat Simalungun. Apa yang dipaparkan tadi sudah lebih bagus dari apa yang disampaikan oleh seorang birokrat,” ungkap Salman.

Jufriaman Saragih, dalam pemaparan visi misi di Partai Nasdem, memaparkan akan mengeksplorasi berbagai potensi dan kegiatan pertanian, perkebunan, peternakan dan perikanan yang bisa menjadi daya tarik wisata di wilayah Kabupaten Simalungun.

Mengeksplorasi berbagai sumber daya (alam, sosial, budaya) dan daya dukung lainnya yang dapat menunjang pembangunan agrowisata untuk mengembangkan ekonomi dan sumber daya masyarakat.

Menumbuhkan investasi di Kabupaten Simalungun dengan mendatangkan para investor untuk menanamkan modalnya.

Investasi tersebut harus pro rakyat. Para investor juga harus dijamin kenyamanan dan keamanannya dalam menanamkan modal di daerah itu.

Ketersediaan Sumber Daya Alam (SDA) yang melimpah di Kabupaten Simalungun tidak akan berguna jika tidak ada Sumber Daya Manusia (SDM) yang mampu mengelolanya dengan baik.

“Sangat disayangkan tingginya jenjang pendidikan yang ditempuh samakin rendah pula minat seorang sarjana untuk kembali menekuni dunia pertanian yang ia pelajari di bangku perkuliahan,” ujarnya.

“Mahasiswa pertanian lebih memilih bekerja di perkantoran dan Bank, karena mereka beranggapan bahwa bekerja di sektor pertanian tidak menjamin kehidupan yang layak dan mendapat penghasilan yang tinggi. Pemerintah harus menjadi fasilitator yang menjamin kesejahteraan petani dan ketersediaan kebutuhan petani mulai dari pengadaan pupuk, bibit dan alat-alat pertanian,” terangnya.

Meningkatkan kinerja pegawai dalam rangka tata kelola pemerintahan yang bersih, inovatif dan berwibawa.

Pariwisata merupakan salah satu sektor yang dianggap memiliki peranan penting dalam pembangunan daerah.

Di mana pariwisata secara langsung dapat memberikan kontribusi lebih pada pendapatan daerah.

Sektor pariwisata dapat dijadikan sebagai salah satu sektor unggulan dalam perolehan devisa, penciptaan lapangan kerja maupun dalam pengentasan kemiskinan.

Maka dari itu, pemerintah harus memberikan perhatian serius dalam peningkatan pariwisata.

Infrastruktur memiliki peran penting dalam pembangunan ekonomi daerah. Sektor ekonomi sangat tergantung pada kelayakan infrastruktur.

Seperti halnya pembangunan irigasi atau bendungan dan jalan. Irigasi dan kondisi jalan yang baik tentu akan memberikan dampak yang baik terhadap masyarakat, sehingga perencanaan infrastruktur berjalan sesuai target dan dapat dirasakan masyarakat secara langsung.

Peningkatan kuantitas dan kualitas sumber daya manusia (SDM) melalui rekruitmen tenaga medis untuk Puskesmas, Pustu dan Rumah Sakit. Pengembangan sistem jaminan kesehatan bagi rakyat miskin yang dilakukan melalui perluasan jangkauan pelayanan kesehatan gratis di Puskesmas dan meningkatkan pelayanan kesehatan gratis di rumah sakit Pemerintah bagi penduduk miskin. Peningkatan pelayanan kesehatan dasar melalui penanganan secara cepat, tepat dan ramah.

“Sebagai kabupaten terbesar ketiga di Sumatera Utara, kita sangat miris dengan nasib Pendidikan di Kabupaten Simalungun,” ujarnya.

Sebanyak 21,6 persen berpendidikan tinggi sampai SMP, 41,43 persen berpendidikan sampai SMA/SMK dan 7,32 persen berpendidikan diploma dan sarjana. Pemerintah harus memberikan perhatian serius dalam dunia pendidikan, khususnya pemberian bea siswa kepada pelajar yang berprestasi dan kurang mampu.

Dalam aspek kepemimpinan, lanjut Jufriaman Saragih, pemimpin harus memiliki kemampuan manajemen yang baik.

Harus dapat merencanakan segala sesuatu secara matang. Semua rencananya juga harus berjalan sesuai rencana dan tersusun secara sistematis.

“Pemimpin harus memiliki motivasi dan juga harus mampu memotivasi orang lain. Pemimpin harus rela berkorban dan harus menjadi contoh. Pemimpin harus memiliki antusiasme dan semangat yang besar.

Pemimpin harus bisa menjaga hubungan baik antara dia dan bawahannya. Dia juga harus memastikan bahwa dirinya telah menjalin kerjasama yang baik antara dia dan bawahannya. Pemimpin harus bisa berkomunikasi dengan baik dengan semua orang,” pungkasnya. (osi)

Tags

Berita lainnya

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker
Close