Berita

Kerjasama Tanoto Foundation dengan Pemko: Program Pintar Hadir di Siantar

SIANTAR, FaseBerita.ID – Program Pintar melalui unjuk karya praktik dan  pembelajaran, meningkatkan kreatifitas pelajar.

Pemerintah Kota Pematangsiantar selama satu tahun belakangan ini menghadirkan Program Pintar inovasi pembelajaran untuk meningkatkan kualitas pendidikan bekerjasama dengan Tanoto Foundation.

Pendidikan menjadi kunci untuk mencerdaskan putra-putri penerus bangsa. Banyak tokoh-tokoh besar lahir dari kota Pematangsiantar, tentunya hal ini tidak terlepas dari peran serta bapak ibu guru dalam mendidik dan menanamkan budaya belajar yang terus berkembang seiring dengan kemajuan zaman.

Hal ini diungkapkan Walikota Pematangsiantar Hefriansyah SE MM dalam sambutannya disela acara pembukaan unjuk karya praktik baik pendidikan program Pintar, Rabu, (20/11) di Gedung Auditorium Kampus Universitas Simalungun.

Acara ini dihadiri  Direktur Program Pendidikan Dasar Tanoto Foundation Margaretha Ari Widowati, Ketua Yayasan Universitas Simalungun Amsar Saragih, Anggota DPRD Siantar Komisi yang membidangi Pendidikan, Polres, Kodim dan SKPD dilingkungan Pemerintahan Daerah Kota Pematangsiantar.

“Pemerintah Kota Pematangsiantar hadir ditengah-tengah masyarakat memberikan Inovasi dalam peningkatan kualitas tenaga pendidik melalui kerjasama dengan Tanoto Foundation, pendidikan yang menjadi kunci perubahan untuk mencerdaskan putra-putri penerus bangsa. Sudah selayaknya menghadirkan guru pintar dengan metodologi dan teknik pembelajaran yang mudah diterima oleh anak didik kita serta sesuai dengan perkembanga zaman”, ungkapnya.

“Saya sangat memahami betapa pentingnya kehadiran guru sebagai pengayom bagi siswa, ibu saya yang berprofesi sebagai guru telah menanamkan bahwa kehadiran pendidik bukan hanya sekedar menunaikan tugas dan kewajiban, namun harus mampu menciptakan lingkungan belajar yang menyenangkan dengan teknik dan metodology pembelajaran. Sehingga anak didik dapat bertambah pengetahuannya, disamping itu juga guru harus mampu menjadi contoh dengan menanamkan cinta kasih serta menunjukkan karakter dan ahlak yang baik bagi anak didik kita,” tambah Hefriansyah.

Hefriansyah juga menyampaikan apreseasinya kepada Tanoto Fundation yang telah mendidik dan memberikan perhatiannya kepada para guru melalui Program Pintar.

Menurutnya acara unjuk karya pendidikan dari 24 sekolah Mitra SD, MI, SMP dan Mts dengan menampilkan hasil pembelajaran melalui pameran dan presentasi para siswa, telah memperlihatkan dampak yang baik dan dapat dikembangkan keseluruh sekolah di Kota Pematangsiantar.

Sementara itu Margaretha Ari Widowati selaku Direktur Program Pendidikan Dasar Tanoto Foundation mengungkapkan bahwa Tanoto Foundation sebagai lembaga filantropy keluarga yang didirikan oleh Sukanto Tanoto dan Tinah Bingai Tanoto, mempercayai bahwa pendidikan berkualitas mempercepat kesetaraan peluang.

Tanoto Foundation sebagai lembaga Filantropy keluarga yang telah beroperasi sejak 1981 memiliki tiga program utama. Salah satunya adalah Program Pintar yang saat ini sedang kita saksikan bersama.

“Apa yang kita lakukan telah selaras dengan program pemerintah melalui kementerian pendidikan dan kebudayaan. Dimana inovasi pendidikan sangat kita butuhkan saat ini, kebebasan untuk mencoba hal-hal baru, tersedianya sumberdaya manusia yang cukup, serta adanya kesamaan tujuan sehingga kita berharap program Pintar dapat menjawab kebutuhan tersebut, Tanoto Foundation juga mengucapkan terimakasih kepada pemerintah daerah dan seluruh pihak yang terlibat didalam mendukung keberhasilan program Pintar di Kota Pematangsiantar,” ungkapnya.

Acara pameran yang juga diselingi bincang pendidikan dengan menghadirkan pembicara dari Penasehat Teknis Tanoto Foundation Stuart Weston, Koordinator Perguruan Tinggi Program Pintar Prof Sri Minda Murni, Rektor Universitas Simalungun Dr Corry Purba, M.Si, Kepala Dinas Pendidikan Kota Pematangsiantar Drs Eddy Noah Saragih, Perwakilan Kementrian Agama Kota Pematangsiantar dan Perwakilan guru SMPN 9 Pematangsiantar Fitri Rayani Simbolon serta Kepala Sekolah SDN 122375 Siantar Utara Murniati Nasution dengan dihadiri oleh 450 orang peserta yang terdiri dari Kepala sekolah, guru, dan Mahasiswa USI. (rel)

Tags

Berita lainnya

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker
Close